Presiden Jokowi Shalat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Jumat 15 Jun 2018 07:32 WIB

Presiden Jokowi menunaikan shalat Idulfitri di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jumat (16/6).  Foto: Biropers Setpres Bey Machmudin Presiden Jokowi menunaikan shalat Idulfitri di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jumat (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi melaksanakan shalat Idul Fitri 1439 H di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/6). 

Jokowi mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam serta sarung berwarna merah. Ia juga tampak mengenakan kopiah hitam. 

Presiden tiba di lapangan sekitar pukul 06:40 WIB bersama menantunya, Bobby Nasution. Ia kemudian mengambil shaf terdepan untuk menunaikan shalat Ied dan duduk di antara Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Plt Walikota Bogor Usmar Hariman.

Tampak hadir pula sejumlah menteri yang turut menunaikan shalat Ied bersama Presiden. Di antaranya yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Sosial Idrus Marham. 

Baca: Masjid Istiqlal Sudah Diserbu Jamaah Sholat Ied Sejak Subuh

Selain itu, tampak pula Pangdam Siliwangi Mayjen Besar Harto dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto. Tiba di lapangan Astrid, Presiden pun menyalami jamaah yang duduk di shaf depan. 

Dalam pelaksanaan shalat Ied ini, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Prof. Dr. Didin Saefuddin Buchori, M. A., bertindak sebagai imam dan khatib. Sedangkan Kiki Herdiansyah bertindak sebagai muazin. 

Setelah selesai menunaikan shalat Idulfitri, Presiden dan Ibu Iriana akan bersilaturahmi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, para Ketua Lembaga Negara, para menteri Kabinet Kerja, para duta besar negara sahabat, serta pejabat negara lainnya. 

Usai bersilaturahmi dengan para pejabat negara, Presiden pun akan menggelar open house dengan masyarakat sekitar di Istana Kepresidenan Bogor.  Lokasi pilihan Presiden untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada 2015, Jokowi merayakan Idul Fitri di Aceh. 

Sedangkan pada 2016, ia memilih untuk merayakan hari lebaran dengan masyarakat di Padang dan pada 2017 Presiden menunaikan shalat Ied di Jakarta. 

Terpopuler