Masjid Istiqlal Sudah Diserbu Jamaah Sholat Ied Sejak Subuh

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Jumat 15 Jun 2018 07:00 WIB

Jamaah Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jumat (15/6) Foto: Fuji EP/REPUBLIKA Jamaah Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jumat (15/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Istiqlal sudah diserbu jamaah Sholat Idul Fitri sejak sebelum waktu Shubuh. Jalan di sekitar Masjid Istiqlal juga mulai dijejali kendaraan roda empat dan roda dua.

"Pas adzan Shubuh berkumandang, kendaraan mulai banyak yang menuju Masjid Istiqlal, ini jalan udah penuh oleh kendaraan dari Subuh," kata seorang penjaga parkir di luar Masjid Istiqlal, Adi kepada Republika, Jumat (15/6).

Adi mengatakan, jamaah mulai berdatangan untuk melaksanakan Sholat Subuh. Saat adzan Shubuh, jamaah semakin banyak yang datang. Sehingga menimbulkan kepadatan arus lalulintas.

Sebelumnya, Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Ustaz Abu Hurairah Abdul Salam menyampaikan, khatib Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal adalah Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Drs H Hasanuddin Sinaga menjadi imam Sholat Idul Fitri. Jamaah harus datang lebih awal kalau ingin mendapatkan tempat sholat di dalam masjid.

"Biasanya jamaah kalau mau mendapatkan shaf yang di dalam masjid harus Sholat Subuh di Masjid Istiqlal, kalau setelah Sholat Shubuh baru sampai ke Masjid Istiqlal, maka hanya akan kebagian tempat di pelataran," ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada jamaah Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal agar sampah berupa koran dan plastik yang mereka bawa, dibuang pada tempatnya atau dibawa pulang. Sampah tersebut jangan ditinggalkan di pelataran masjid.

Terpopuler