Malam Takbiran di Kepulauan Seribu Berlangsung Meriah

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Kamis 14 Jun 2018 21:10 WIB

Masyarakat Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Merayakan Malam Takbiran dengan Memukul Bedug di Masjid Jami' Al-Makmuriyah, Kamis (14/6). Foto: Republika/Rahmat Fajar Masyarakat Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Merayakan Malam Takbiran dengan Memukul Bedug di Masjid Jami' Al-Makmuriyah, Kamis (14/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PULAU SERIBU -- Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1439 H jatuh pada Jumat (15/6). Keputusan tersebut dikeluarkan setelah Kementerian Agama RI menggelar sidang itsbat.

Kepastian tersebut pun disambut suka cita oleh seluruh umat Islam di Indonesia. Gema takbir dikumandangkan di berbagai daerah, termasuk di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Pantauan Republika.co.id, aktivitas malam takbiran di Pulau Pramuka dipusatkan di Masjid Jami' Al-Makmuriyah. Seluruh kalangan tua maupun muda berkumpul di masjid tersebut.

Di halaman masjid terdapat sepuluh bedug yang ditabuh oleh warga secara bergantian. Tampak keceriaan pada wajah masyarakat yang berkumpul dengan saling bersalam-salaman atau mengabadikan momen dengan berswafoto.

Hendri (19 tahun) mengatakan, setiap malam takbiran di Pulau Pramuka selalu dilaksanakan takbir keliling. Takbir kemudian keliling tersebut berakhir di masjid Jami' Al-Makmuriyah. "Sudah tadi (takbir kelilingnya) habis Isya'," ujar Hendri, Kamis (14/6).

Selain kemeriahan di Pulau Pramuka, Republika.co.id juga mendengar kemeriahan gema takbir di Pulau Panggang. Lokasi pulau ini tak jauh dari Pulau Pramuka.

Terpopuler