Mayoritas Pemudik Keluhkan Spalgia dan Mialgia

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Nidia Zuraya

Kamis 14 Jun 2018 13:50 WIB

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, meninjau kesiapan posko kesehatan bagi pemudik di Rest Area KM 88 jalur A, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Kamis (7/6). Posko tersebut, dilengkapi dengan satu dokter spesialis, dua perawat dan ambulans. Foto: Republika/Ita Nina Winarsih Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, meninjau kesiapan posko kesehatan bagi pemudik di Rest Area KM 88 jalur A, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Kamis (7/6). Posko tersebut, dilengkapi dengan satu dokter spesialis, dua perawat dan ambulans.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Selama arus mudik Lebaran 2018, posko kesehatan milik Kementerian Kesehatan diserbu pemudik. Salah satunya di rest area KM 88 Tol Cipularang jalur A, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta. Rata-rata, 30 pemudik memeriksakan dirinya kepada petugas medis yang ada di pos tersebut.

 

Penanggung Jawab Posko Kesehatan Rest Area KM 88 Tol Cipularang, Dadan, mengatakan, banyak pemudik yang beristirahat dan memeriksakan diri kepada tim medis yang siaga. Dari hasil pemeriksaan itu, ada sejumlah keluhan yang paling banyak dirasakan pemudik. Seperti, hipertensi, ISPA, spalgia dan mialgia.

 

"Yang paling mendominasi yaitu spalgia dan mialgia," ujar Dadan, kepada Republika, Kamis (14/6).

 

Akan tetapi, dua jenis keluhan itu bukan kategori penyakit. Karena, spalgia dan mialgia tersebut merupakan reaksi tubuh, atas sakit kepala atau akrab disebut pusing. Serta, pegal-pegal. 

 

Keluhan para pemudik ini masih bisa diantisipasi. Sebab, spalgia dan mialgia bukan kategori penyakit dengan kadar yang cukup berat.

 

Untuk jenis penyakitnya, hipertensi dan ispa paling mendominasi. Untuk menjawab keluhan pemudik ini, pihaknya sudah memberikan sejumlah solusi. Salah satunya, dengan metode pengobatan.

 

Meski demikian, pihaknya tetap menghimbau kepada pemudik untuk memanfaatkan layanan selama arus mudik ini. Termasuk, layanan kesehatan di posko-posko yang telah disediakan.

Terpopuler