Tol Japek Ramai Lancar

Rep: Fergie Nadira/ Red: Agung Sasongko

Kamis 14 Jun 2018 12:43 WIB

Tol Cikampek Foto: Antara Tol Cikampek

REPUBLIKA.CO.ID,  BEKASI -- Ruas tol Jakarta-Cikampek hingga mencapai gerbang tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) terpantau ramai lancar. Dari pantauan Republika.co.id melalui sentral komunikasi (Senkom) Tol Japek kondisi lalin di kedua arah dalam kondisi normal.

"Dari pagi hingga pukul 12.00 siang ini terpantau lancar di kedua arah baik itu ke Cikampek maupun ke Jakarta," ujar Petugas Piket Senkom Pt Jasa Marga Cabang tol Japek Gunarto di Senkom Jasa Marga Bekasi, Kamis (14/6).

Gunarto mengatakan, ruas tol Japek mengalami kepadatan sepanjang malam Selasa kemarin. Namun, kepadatan mulai terurai karena petugas melakukan rekayasa lalu lintas contraflow atau lawan arus di beberapa ruas tol Japek.

"Ramainya ini di pertemuan dari Cipali dan Bandung, sebelumnya samapi Cikarut normal," ujarnya.

Humas PT Jasa Marga cabang Tol Jakarta Cikampek Irwansyah juga mengatakan,kondisi lalu lintas di ruas tol Jakarta Cikampek sampai siang ini dalam kondisi lancar. "Digerbang tol Cikarut terpantau jumlah antrian di tiga sampai empat kendaraan," ujar Irwansyah di Bekasi, Kamis (14/6).

Sementara itu, ia memerediksi kepadatan kerap terjadi setiap tahunnya usai masyarakat melaksanakan Salat Idul Fitri. Beberapa GT dan ruas tol kerap mengalami kepadatan pada hari H Lebaran. Pemudik jarak dekat berangkat di hari H lebaran.

"Biasanya ramai abis buka puasa, mereka incar shalat ied-nya besok laginya. Dan ramainya juga setelah shalat ied," ujar Irwansyah.

Sementara antisipasi arus balik, Jasa Marga memersiapkan persiapan yang sama halnya seperti arus mudik keberangkatan. Irwansyah mengatakan, persiapan contraflow akan kepadatan di ruas tol telah dimatangkan dan antisipasi menumpuknya kendaraan di rest area juga disiapkan petugas-petugas untuk mengatur kondisi rest area tersebut.

Pemudik tujuan Magelang, Jawa TengahPrayudo Dwi Pangestu (26 tahun) merasakan arus di ruas tol Jakarta - Cikampek sampai Karawang ramai lancar. Ia mengaku berangkat pukul 05.30 WIB dari Kota Bekasi melalui GT Bekasi Barat 1 hingga mencapai GT Cikarut pukul 07.00 WIB.

"Tadi pagi, ramai lancar di Tol Japek sampai Karawang. Tadi macetnya cuma pas masuk Cipali diKilometer 127 sampai kilometer 147 itu padat merayap," ujar Yudo yang saat ini sudah sampai Pekalongan.


Terpopuler