Ridwan Kamil Open House di Rumah Kontrakan

Red: Rahmat Santosa Basarah

Kamis 14 Jun 2018 11:09 WIB

Ridwan Kamil menjadi saksi pernikahan Syahnaz-Jeje Ridwan Kamil menjadi saksi pernikahan Syahnaz-Jeje

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG-- Keluarga besar Ridwan Kamil dan Atalia Praratya menggelar open house di rumah kontrakannya di Jalan Cipaganti nomor 98, Bandung, pada Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H atau Jumat (15/6). Acara halal bihalal itu dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. 

Sebelumnya, selama empat tahun berturut-turut,  ketika Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Kang Emil, sapaan akrabnya, menggelar open house di pendopo, rumah dinasnya. Kali ini, saat ia cuti sebagai Wali Kota, karena maju sebagai cagub Jabar nomor urut 1, ia menggelar open house tersebut di rumah kontrakannya. 

Acara tersebut mengundang warga, relasi, sukarelawan, hingga para tokoh Jawa Barat.  “Silakan datang, rumah kami terbuka untuk warga Jawa Barat,” kata Kang Emil dalam siaran pers, Kamis, (14/6).

Menurut istri Kang Emil, Atalia, para tamu akan disuguhi menu spesial Lebaran, antara lain, ketupat sayur, opor ayam, dan kue-kue khas Lebaran. Untuk menyiapkan masakan itu, ia dibantu bibi, kolega, dan tetangganya. “Kami sudah menyiapkan secara khusus hidangan untuk warga yang datang pada open house ini,” ujar Ibu Cinta, sapaan akrabnya.

Ia mengaku, mereka berdua siap menerima sebanyak-banyaknya warga yang ingin bersilahturahim dengannya pada hari kemenangan itu. “Silakan datang, open house akan kami tutup pada pukul 12.00 siang,” ujar Ibu Cinta. 

Pada pagi harinya, Kang Emil dan keluarga akan melaksanakan shalat Id di Alun-alun Ujung Berung, Bandung.  Setelah shalat Id, mereka akan datang ke rumah ibunda Ridwan Kamil, atau akrab disapa Maci, di Cigadung, untuk sungkem kepada ibunya. 

Pada Lebaran kedua,  mereka merayakan Idu Fitri di rumah keluarga besar Ibunda Atalia di Cimaung, Banjaran. Lalu, pada 3 Syawal, mereka berkumpul di rumah kakeknya, KH Muhyidin, tokoh ulama besar, pendiri pesantren Pagelaran, di Subang.  Mama Pagelaran, sapaan akrab KH Muhyidin, merupakan komandan Hisbullah yang berperang melawan Belanda bersama para santrinya. “Sekitar seribu orang akan berkumpul di sana, terdiri dari anak, cucu, cicit, hingga buyutnya. Alhamdulillah keluarga KH Muhyidin adalah keluarga besar sehingga kalau ngumpul, rame,” ujar Atalia. 

Kang Emil dan Atalia Kamil juga menghaturkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. "Semoga hari raya kemenangan ini, kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, lebih meningkatkan keimanan dan semangat berbagi."

“Di hari yang fitri ini, kami sekeluarga mengucapkan selamat berkumpul dan bersilahturahim bersama keluarga tercinta di kampung halaman masing-masing, dan jangan lupa bahagia,” ujar Kang Emil.  

Terpopuler