Jembatan Kali Kuto Akhirnya Resmi Dibuka Sore Ini

Red: Andri Saubani

Rabu 13 Jun 2018 16:44 WIB

Pantauan udara kondisi Jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang yang rencananya akan dibuka hari ini pukul 17.00 WIB, Rabu (13/6). Foto: Republika/Rahayu Subekti Pantauan udara kondisi Jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang yang rencananya akan dibuka hari ini pukul 17.00 WIB, Rabu (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono membuka resmi Jembatan Kali Kuto yang merupakan salah satu penghubung jalur tol fungsional Batang-Semarang, Rabu (13/6). Pengoperasian Jembatan Kali Kuto ditandai dengan melintasnya truk yang ditumpangi oleh Menteri Basuki sekitar pukul 15.30 WIB.

Selanjutnya, kendaraan penumpang yang sempat dihentikan karena ada peresmian jembatan itu, diperbolehkan melintas. Menurut Basuki, pembukaan jembatan untuk dioperasikan satu lajur itu sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

"Informasi dari pak kapolda di jabar masih penuh, diharapkan keberadaan jembatan ini bisa membantu," katanya, Rabu.

photo
Hari H-2 Lebaran, Jembatan Kali Kuto Hampir Selesai

Jembatan sementara ini, lanjut dia, tetap akan dioperasikan selama 24 jam. Konstruksi dan lapisan jembatan berupa plat baja dipastikan mampu menahan beban hingga 16 ton.

"Tadi juga sempat diuji pakai ekskavator," katanya.

Setelah arus mudik dan balik selesai, menurut dia, pengerjaan jembatan ini akan dilanjutkan. Ia menyebut butuh waktu sekitar empat bulan hingga Oktober hingga jembatan ini bisa beroperasi penuh.

"Ini tinggal sedikit, tinggal memasang sling," katanya.

Pada Selasa (12/6) malam, para pekerja Jembatan Kali Kuto terlihat mengebut penyelesaian proyek jembatan Kali Kuto di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pantauan Republika, beberapa petugas mulai membuat jalan beton untuk menyambung jalan tol fungsional di Gringsing, Kabupaten Batang.

photo
H-2 Lebaran, Jembatan Kali Kuto Hampir Selesai

Nantinya, bila jembatan Kali Kuto ini bisa dilalui, para pemudik tak lagi turun di Pantura dan bisa langsung menuju ke tol fungsional dari Kendal ke Semarang. Para pemudik dari arah ibu kota menuju ke daerah Jawa Tengah, terutama di Kabupaten Batang yang melintasi tol, sebelumnya masih harus keluar pintu Tol Gringsing karena Jembatan Kali Kuto di kawasan itu masih belum selesai pengerjaannya.

 

Terpopuler