Satu Keluarga Diduga Pemudik Tewas dalam Kecelakaan di Bogor

Rep: Zahrotul Oktaviani/Intan Pratiwi/ Red: Teguh Firmansyah

Rabu 13 Jun 2018 13:41 WIB

Garis Polisi. Ilustrasi Foto: Antara Garis Polisi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebuah kecelakaan terjadi di depan Perumahan Royal Residence, Pakuan, Bogor Selatan, Kota Bogor Rabu (13/6) pukul 03.45 WIB. Insiden itu menyebabkan tiga orang yang masih satu keluarga meninggal dunia. Jenazah korban dibawa ke RSUD Ciawi.

"Terjadi kecelakaan di Jalan Raya Tajur, depan Perumahan Royal Residence. Tiga orang korban yang mengendarai motor meninggal dunia," ujar Kasubag Humas Polresta Bogor Kota AKP Yuni Astuti dalam keterangan yang didapat Republika.co.id Rabu (13/6).

Kecelakaan terjadi antara sepeda motor dan sebuah mobil. Tiga korban yakni Rayitno, Sumarni, dan anaknya diduga sebuah keluarga yang sedang mudik.

Berdasarkan KTP korban, Rayitno diketahui warga Dusun Penyarang, Desa Penyarang, RT 03/03, Kecamatan Sidareja, Cilacap, Jateng. "Penyebab kecelakaan diduga karena pengendara yang tidak berhati-hati. Kondisi jalan sendiri baik dan jalan lurus beraspal," lanjut Yuni.

Berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, korban melintas dari arah Sukasari menuju Ciawi. Saat melewati lokasi, korban diduga bersenggolan dengan kendaraan lain dan jatuh ke arah kanan.

Baca juga,  Menhub: Kecelakaan Mudik Turun, Kecepatan Naik.

Korban terpisah dari kendaraannya dan menabrak sebuah mobil yang melintas dari arah berlawanan. Akibat kejadian ini keluarga tersebut meninggal dunia.

Sementara itu, memasuki H-2 Lebaran, Kementerian Perhubungan dan Korlantas Mabes Polri mencatat jumlah kecelakaan di jalan saat musim mudik kali ini. Dibandingkan 2017 kemarin jumlah kecelakaan hingga H-2 kali ini menurun sekitar 29 persen.

Ketua Posko Harian, Kementerian Perhubungan, M. Pramintohadi Sukarno menjelaskan berdasarkan data yang dihimpun, tercatat hingga H-2 pagi ini ada 138 jumlah kecelakaan. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, tercatat ada 195 kecelakaan.

"Dari jumlah korban meninggal, luka berat dan luka ringannya juga semua cenderung menurun," kata Hadi di Posko Mudik 2018, Rabu (13/6).

Ia mencatat, korban meninggal dunia pada musim mudik kali ini, hingga H-2 lebaran berjumlah 29 orang. Sedangkan korban dengan luka berat tercatat ada 33 orang. Sedangkan korban dengan luka ringan terdapat 173 orang.

Dari data terakhir, Selasa (12/6) kemarin kecelakaan dipantau banyak terjadi di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selain itu, kecelakaan rata rata terjadi pada kendaraan roda dua.

Kecelakaan antara motor dengan motor ada enam kejadian. Sedangkan motor dengan pejalan kaki ada satu kejadian, motor dengan mobil ada tujuh kejadian, lalu bus dan truk terdapat tiga kejadian.