1.042 Personel Medis Siaga Selama Mudik di Sumbar

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolanda

Rabu 13 Jun 2018 13:40 WIB

Posko medis saat mudik (ilustrasi). Foto: Republika/Iman Firmansyah Posko medis saat mudik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sedikitnya, 1.042 tenaga kesehatan disiagakan untuk melayani pasien selama periode libur Lebaran di Sumatra Barat (Sumbar). Seluruh personel medis tersebut disebar di 99 pos kesehatan di 19 kabupaten/kota.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday, mengatakan bahwa tenaga medis lebih banyak ditempatkan di daerah yang dipadati pemudik, seperti Kota Padang. Dari 121 dokter dan 921 perawat yang ditugaskan, 22 dokter dan 115 perawat di antaranya berjaga di Padang.

Baca juga, Hari Ini Puncak Arus Mudik ke Sumbar

"Tim ini merupakan gabungan antara petugas di daerah dan provinsi. Dari provinsi sendiri, ada lima dokter dan 35 perawat yang disiagakan. Lainnya dari Dinas Kesehatan di kabupaten dan kota," jelasnya, Rabu (13/6).

Merry menyebutkan, posko mudik didirikan di ruas jalan yang padat dilalui pemudik, seperti jalur Padang-Bukittinggi, jalur Payakumbuh menuju Riau, hingga jalur Padang menuju Pesisir Selatan. Posko kesehatan juga akan digabung dengan puskesmas-puskesmas yang berlokasi di jalur mudik.

"Tim medis yang disiagakan mendirikan pos kesehatan di tempat-tempat arus mudik yang dinilai volume kendaraan cukup tinggi," ujarnya. 

Baca juga, Arus Mudik, 53 Ribu Orang Tiba di Sumbar

Terpopuler