Jembatan Kali Kuto Diperiksa Sebelum Dibuka Sore Ini

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 13 Jun 2018 12:55 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang yang rencananya dibuka sore ini untuk lalu lintas pemudik pasa pukul 17.00 WIB, Rabu (13/6). Foto: Republika/Rahayu Subekti Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang yang rencananya dibuka sore ini untuk lalu lintas pemudik pasa pukul 17.00 WIB, Rabu (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memeriksa kesiapan Jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang, Rabu (13/6). Jembatan tersebut rencananya dibuka secara fungsional sore ini pukul 17.00 WIB untuk dilalui pemudik.

"Saya selaku koordinator mengecek proses pengerjaan jembatan Jembatan Kali Kuto yang rencananya akan dibuka sore ini," kata Budi usai meninjau Jembatan Kali Kuto.

Sebelum dibuka, Budi memastikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan uji coba terlebih dahulu. Uji coba tersebut dinilai tetap penting dilakukan agar mengetahui bisa atau tidaknya jembatan tersebut dibuka sore ini.

"Pak Menteri PUPR akan ke sini (Jembatan Kali Kuto) untuk mencoba melintasi jembatan dengan truk," tutur Budi.

Jika nantinya bisa dibuka untuk dilintasi pemudik, Budi menegaskan jembatan tersebut tetap sifatnya hanya sementara. Setelah arus balik Lebaran 2018 selesai, Budi mengatakan konstruksi jembatan tersebut akan dilanjutkan hingga siap dioperasionalkan.

Budi menilai jika Jembatan Kali Kuto bisa dibuka sore ini maka akan membantu pemudik lebih cepat sampai tujuan. Dia memperkirakan pemudik bisa menghemat waktu sekitar 20 menit jika melintasi jembatan tersebut.

Terpopuler