Menhub: Jembatan Kali Kuto Dibuka Rabu Sore Ini

Red: Nur Aini

Rabu 13 Jun 2018 12:35 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang yang rencananya dibuka sore ini untuk lalu lintas pemudik pasa pukul 17.00 WIB, Rabu (13/6). Foto: Republika/Rahayu Subekti Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang yang rencananya dibuka sore ini untuk lalu lintas pemudik pasa pukul 17.00 WIB, Rabu (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, GRINSING -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Jembatan Kali Kuto yang menghubungkan jalur tol fungsional Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan dibuka pada Rabu ini (13/6) mulai pukul 17.00 WIB.

"Saya lihat penyelesaiannya sudah banyak kemajuan dan nanti sore Bapak Menteri PUPR Basuki Hadimulyono akan membuka dan uji coba menggunakan mobil lewat jembatan ini," kata Menhub Budi Karya kepada pers di Gringsing, Jawa Tengah, Rabu.

Menurut Menhub, jembatan tersebut masih berstatus fungsional. Operasional jembatan hanya diberlakukan satu arah yang akan digunakan mudik dan nantinya arus balik.

Usai digunakan mudik dan balik, kata Budi Karya, Jembatan Kali Kuto akan ditutup kembali dan dilanjutkan pembangunan untuk diselesaikan. Untuk memberikan keamanan bagi pengemudi, marka jalan sementara dan petugas keamanan akan disiapkan.

"Pengemudi tentu harus hati-hati melewati jembatan ini karena masih berstatus fungsional. Nanti akan ada petugas yang mengarahkan," kata Menhub.

Menhub dalam kesempatan itu juga mengimbau agar pemudik tidak terkonsentrasi melalui jalan tol, tapi bisa gunakan jalan nasional nontol. "Saya kemarin lewat jalan darat dari Cikopo Ke Cirebon dengan kondisi jalan bagus dan lancar," kata Menhub.

Terpopuler