Ini Penyebab Kemacetan Parah di Jalur Limbangan-Malangbong

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan

Rabu 13 Jun 2018 12:07 WIB

Kemacetan di Malangbong (ilustrasi) Foto: Mahmud Muhyidin Kemacetan di Malangbong (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Terjadi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Limbangan hingga Malangbong Kabupaten Garut Jawa Barat, Selasa (13/6). Kepadatan diduga akibat adanya aktivitas masyarakat di sejumlah pasar yang berada di pinggir jalan raya nasional III.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Raden Erik Bangun Prakasa mengatakan aktivitas masyarakat di pasar Lewo Kecamatan Malangbong sejak pagi menjadi salah satu penyebab kemacetan. Masyarakat, kata dia, tengah beraktivitas belanja kebutuhan Idul Fitri. Ia memperkirakan aktivitas masyarakat baru mulai akan menurun pada siang hingga sore ini.

"Lagi padat di pasar Lewo, Malangbong. Ada aktivitas masyarakat disana diperkirakan sampai zuhur," katanya pada Republika.co.id.

Sebagai upaya penanganan arus lalu lintas, Polres Garut mengalihkan kendaraan yang menuju Garut supaya melewati rute Kadungora-Leles. Sehingga kendaraan tidak menumpuk di rute Limbangan-Malangbong.

"Sementara untuk arus kami lakukan selektif yang ke Limbangan dialihkan ke arah Kadungora-Leles supaya lebih lancar di Limbangan," ujarnya.

Ia menyampaikan Polres Garut belum bisa menerapkan sistem buka tutup karena masih ada aktivitas di pasar. Nantinya bila aktivitas mulai menurun maka Polres Garut baru bisa melakukan buka tutup.

"Sebentar lagi di one way. Kalau one way sementara di (pasar) Lewo ada aktivitas nanti tidak bisa. Tunggu disana selesai dulu," ucapnya.

Baca juga: Jelang Malangbong Kemacetan Mengular Hingga 29 Km

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepadatan kendaraan terpantau di jalan raya Cicalengka menuju arah Nagreg-Garut-Jawa Tengah, pada Rabu (13/6) atau H-2 Lebaran 2018. Kendaraan padat merayap di jalur selatan sepanjang 29 kilometer jelang Malangbong, Garut, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, sejumlah kendaraan dialihkan menuju Garut Kota di turunan Nagreg. Kasat Lantas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa mengatakan, kepadatan terjadi imbas aktivitas pasar di Lewo dan Malangbong, Garut.

Terpopuler