Jelang Malangbong Kemacetan Mengular Hingga 29 Km

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Bayu Hermawan

Rabu 13 Jun 2018 11:52 WIB

Antrean kendaraan pemudik pada H-2 Lebaran di ruas Jalan Raya Malangbong, Kabupaten Garut, Jumat (23/6). Foto: Mahmud Muhyidin Antrean kendaraan pemudik pada H-2 Lebaran di ruas Jalan Raya Malangbong, Kabupaten Garut, Jumat (23/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepadatan kendaraan terpantau di jalan raya Cicalengka menuju arah Nagreg-Garut-Jawa Tengah, pada Rabu (13/6) atau H-2 Lebaran 2018. Kendaraan padat merayap di jalur selatan sepanjang 29 kilometer jelang Malangbong, Garut, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, sejumlah kendaraan dialihkan menuju Garut Kota di turunan Nagreg. Kasat Lantas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa mengatakan, kepadatan terjadi imbas aktivitas pasar di Lewo dan Malangbong, Garut.

Ia mengaku akan mengambil tindakan berupaya rekayasa lalu lintas buka-tutup dengan memprioritaskan kendaraan arah Tasikmalaya. Sebelumnya, Polres Garut telah menyiapkan rekayasa lalu lintas buka-tutup untuk mengurai kepadatan di beberapa pasar di jalan nasional.

Erik menjelaskan, sistem rekayasa lalu lintas tersebut paling efektif. Kepadatan tersebut imbas aktivitas masyarakat terutama jelang perayaan Idul Fitri. "Ini sistem rekayasa yang paling efektif karena minim jalan alternatif untuk menuju Malangbong dan Tasikmalaya," kata Erik.



Terpopuler