Kapolda: Hingga H-3 tidak Ada Horor Kemacetan Jalur Selatan

Rep: Djoko Suceno/ Red: Bilal Ramadhan

Rabu 13 Jun 2018 07:01 WIB

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mempraktekkan mekanisme ganjal untuk melayani pemudik saat meninjau arus mudik H-3 Lebaran di Jalur Selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (12/6). Foto: Antara/Adeng Bustomi Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mempraktekkan mekanisme ganjal untuk melayani pemudik saat meninjau arus mudik H-3 Lebaran di Jalur Selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto mengatakan, hingga H-3 tidak terjadi kemacetan maupun kecelakaan di sepanjang jalur puntu Tol Cileunyi hingga Malangbong. Padahal pada arus mudik tahun sebelumnya jalur tersebut menjadi 'horor' kemacetan bagi para pemudik.

"Alhamdulillah arus lalu lintas di jalur tersebut lancar. Tidak terjadi kemacetan dan kecelakaan. Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh instansi terkait serta masyarakat atau pemudik," kata kapolda saat mengunjungi Pos Pelayanan Cileunyi, Selasa (12/6).

Dalam kunjungan tersebut kapolda didampingi Kakor Sabhara, Irjen Pol Sudjarno SH, serta pejabat utama Polda Jabar. Kunjungan kapolda dan Kakor Shabara tersebut diawali degan penayangan trauble sport oleh personel wilayah hukum Polres Bandung.

Usai paparan, kapolda dan Kakor Shabara melakukan pengecekan kesiapan personil di pos tersebut. Setelah itu rombongan melaksanakan pantauan ke Pos Tangan dan Limbangan, Garut.

Kapolda Jabar mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh steak holder dalam pelaksanaan tugas saat ini. Ia mengatakan, semangat melaksanakan tugas merupakan implementasi sinergitas kemitraan di tingkat pusat maupun tingkat wilayah.

"Sinergi ini harus terus ditingkatkan untuk bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," ujar dia.

Dalam kegiatan tersebut Kakor Sabhara menyatakan kunjungan tersebut untuk mengecek dan menyemangati anggota di lapangan. Beban tugas Polda Jabar, kata dia, terkurangi karena adanya Tol Cipali sehingga arus lalin terurai dengan baik.

"Saat ini kita harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat meski dalam keadaan lelah dan waspadai juga teroris," ujar dia.