Macet, Jelang Gerbang Tol Cikarang Utama

Red: Agung Sasongko

Rabu 13 Jun 2018 02:13 WIB

Situasi di Gerbang Tol Cikarang Utama, Rabu Dini Hari Foto: @agus_lusianto07/akun twitter TMC POlda Metro Jaya Situasi di Gerbang Tol Cikarang Utama, Rabu Dini Hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 2.272 unit kendaraan pemudik di sekitar Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dialihkan melalui Gerbang Tol Cikarang Barat guna mengurai kepadatan lalu lintas, Selasa (12/6) malam.

"Jumlah kendaraan hingga shift 2 sudah mencapai 28.756 unit yang keluar dari Jakarta menuju Cikampek. Sebanyak 2.272 unit di antaranya kita alihkan ke GT Cikarang Barat," kata Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Irwansyah, di Bekasi, Selasa (12/6) malam.

Pantauan Antara melaporkan, kepadatan di GT Cikarang Utama hingga pukul 23.00 WIB terpantau mengular sepanjang 10 kilometer menjelang GT Cikarang Utama di KM 29 hingga KM 39.

Petugas Jasa Marga melalui diskresi kepolisian mengalihkan kendaraan dari lajur lambat menjelang GT Cikarang Utama menuju lajur keluar GT Cikarang Barat 1 dan kendaraan kembali masuk tol di GT Cikarang Barat.

"GT Cikarang Barat ini berada di sisi jalan tol jelang Cikarang Utama sehingga kendaraan yang kita alihkan ke koridor alternatif tersebut langsung memotong gardu tol Cikarang Utama," katanya.

Irwansyah mengatakan, volume kendaraan kali ini mengalami peningkatan sekitar 27 persen dari situasi normal sebanyak 22.603 unit.

"Perkiraan kami sampai tengah malam nanti jumlah pemudik yang akan melintasi GT Cikarang Utama berjumlah total 92.900 unit," katanya.

Terpopuler