Kakorlantas: Jembatan Kali Lenteng Layak Dilalui Pemudik

Red: Agung Sasongko

Rabu 13 Jun 2018 01:27 WIB

Petugas membantu sebuah kendaraan pemudik yang tidak kuat mendaki tanjakan darurat Kali Kenteng. Foto: Bowo Pribadi. Petugas membantu sebuah kendaraan pemudik yang tidak kuat mendaki tanjakan darurat Kali Kenteng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa memastikan bahwa tanjakan Kali Kenteng, Salatiga, Jawa Tengah, yang berada di Jalan Tol Salatiga-Kartasura layak untuk dilewati kendaraan. Pihaknya pun sudah melakukan uji coba dengan mendaki tanjakan tersebut menggunakan sepeda gunung.

"Kami berada di jembatan Kali Kenteng di Salatiga dan saya melihat langsung tanjakan yang elevasinya tujuh derajat ataupun grade-nya 10 persen, sebenarnya dapat dilalui pengendara. Banyak di Semarang tanjakan yang seperti ini, apakah jalan lokal atau kabupaten/kota. Saya saja menggunakan sepeda saja bisa lewat, apalagi kendaraan roda empat. Kalau tidak kuat nanjak artinya pengemudi tidak mahir dalam berkendara atau mobilnya tidak laik jalan," kata Kakorlantas melalui siaran pers, Selasa (12/6) malam.

 

photo
Petugas membantu sebuah kendaraan pemudik yang tidak kuat mendaki tanjakan darurat Kali Kenteng.

Hal itu dikatakannya menanggapi sejumlah kendaraan bertenaga kecil yang gagal melewati tanjakan tersebut sehingga membuat para petugas harus mendorong mobil-mobil tersebut agar bisa sampai di atas tanjakan Kali Kenteng.

Menurut dia, kondisi tol fungsional Salatiga-Kartasura ini sudah lebih baik jika dibandingkan dengan yang lain. Jalanan sudah dilapisi beton tanpa adanya kerikil di permukaannya. 

Pihaknya pun berpesan kepada pemudik yang melalui jalur Tol Salatiga-Kartasura agar tidak membawa penumpang dalam jumlah banyak ataupun barang yang berlebihan.

"Kalau overloading, penumpang ataupun barang memang dilarang karena akan mengganggu stabilitas kendaraan itu sendiri, baik saat menikung dan saat menurun khususnya, bisa tidak berfungsi saat dia manuver pun bisa terganggu," kata Royke.

Jembatan Kenteng yang berada di Tol Salatiga-Kartasura saat ini proses pembangunannya masih dalam tahap konstruksi.

photo
Kakorlantas, Irjen Pol Royke Lumowa mencoba menaklukkan elevasi jalur darurat kali Kenteng dengan mengayuh sepeda sally, Selasa (12/6).

Direktur Utama PT Jasa Marga Solo Ngawi David Wijayatno menargetkan pada Oktober 2018, pembangunan jembatan tersebut rampung. Untuk keperluan mudik Lebaran 2018, para pemudik yang menggunakan Tol Salatiga-Kartasura diarahkan ke jalur yang berada di bawah jembatan di tol tersebut.

Terpopuler