Kemenkominfo Ingatkan Warga Manfaatkan Aplikasi 'Ayo Mudik'

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Endro Yuwanto

Selasa 12 Jun 2018 22:54 WIB

Kendaraan pemudik terjebak antrean panjang di ruas Tol Fungsional Salatiga-Kartasura, Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6). Foto: Antara/Aditya Pradana Putra Kendaraan pemudik terjebak antrean panjang di ruas Tol Fungsional Salatiga-Kartasura, Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID,  MERAK -- Direktur Jenderal (Dirjen) Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rosarita Niken kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi 'Ayo Mudik'. Menurutnya, aplikasi tersebut bisa membantu para pemudik dalam memperoleh informasi.

"Kominfo menyiapkan aplikasi 'Ayo Mudik' yang bisa diakses di Ayomudik.go.id," kata Niken membuka diskusi dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Ruang Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Merak, Selasa (12/6).

Tidak hanya itu, Kominfo juga membuka tenda publik di sembilan kota, salah satunya tersedia di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Di dalam tenda tersebut, menurut Niken, pemudik tidak hanya mendapatkan informasi seputar mudik, tetapi juga terkait informasi seputar Asian Games 2018.

Untuk diketahui 'Ayo Mudik' adalah aplikasi berbasis start up yang bisa diunduh melalui ponsel pintar. Lewat aplikasi itu, pemerintah berupaya memberi kemudahan pada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang terintegrasi seputar mudik.

Aplikasi 'Ayo Mudik' memiliki fitur yang paling lengkap karena disuplai data dari lintas kementerian dan lembaga. Selain itu, tersedia pula peta jalur mudik, lengkap dengan informasi lokasi posko kesehatan dari Kementerian Kesehatan, pos polisi, pom bensin terdekat, masjid, rest area, hingga bengkel kendaraan.

Terpopuler