Lonjakan Penumpang di Kualanamu Dimulai Hari Ini

Rep: Issha Harruma / Red: Andi Nur Aminah

Selasa 12 Jun 2018 21:38 WIB

Sejumlah penumpang di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumut (ilustrasi) Foto: Antara/Septianda Perdana Sejumlah penumpang di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DELI SERDANG -- Lonjakan penumpang di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, diprediksi terjadi mulai H-3 hari ini, Selasa (12/6) hingga H-1 Lebaran. Sebanyak 34 ribu penumpang diperkirakan akan berangkat dan tiba di bandara internasional tersebut.

"Perkiraan kami hari ini akan terjadi lonjakan penumpang sampai H-1. Tapi, karena libur tahun ini cukup panjang, jadi ini agak merata. Perkiraan kami hari ini sampai besok akan dibanjiri penumpang kurang lebih sekitar 34 ribu hingga 35 ribu penumpang," kata Executive General Manager PT AP II Bandara Kualanamu, Arif Darmawan, Selasa (12/6).

Baca: Koarmada I Siapkan Tiga KRI Amankan Mudik Lebaran

Arif mengatakan, sebanyak 32.760 penumpang tercatat berangkat dan tiba di Bandara Kualanamu pada hari keempat atau H-4, Senin (11/6) kemarin. Sementara untuk hari ini, hingga pukul 13.00 WIB, tercatat ada 11.485 penumpang yang terbang melalui bandara ini. "Untuk jumlah seluruhnya nanti akan dihimpun pada malam hari," ujar dia.

Menurut Arif, peningkatan penumpang pada musim mudik Lebaran tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun lalu. Hal ini, lanjutnya, disebabkan libur dan cuti bersama yang panjang.

"Sampai sejauh ini, data tertinggi kami itu kurang lebih 32 ribu penumpang rata-rata per hari. Sementara, pada tahun lalu itu fluktuatifnya cukup tinggi dari mulai 30 ribu hingga 36 ribu penumpang," kata Arif.

Terpopuler