Kuliner Solo untuk Pemudik dari Bestik Hingga Kopi

Red: Nur Aini

Jumat 15 Jun 2018 06:26 WIB

Bistik Solo Foto: Youtube Bistik Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Bagi pemudik atau wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo, bisa menikmati aneka kuliner, di antaranya Sumber Bestik Pak Darmo di Jalan Dr. Rajiman dan kopi di Ngopi Serius.

Bestik atau yang umum dikenal dengan bistik (biefstuk atau beefsteak) adalah modifikasi steak daging dan lidah sapi khas Solo. Daging dimasak dengan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, buncis, salada, dan bawang bombay, kemudian dibanjiri dengan kuah rasa manis dan gurih.

Varian bestik yang tersedia di Warung Pak Darmo cukup banyak, mulai dari daging ayam, sapi, lidah, resoles kering, resoles kuah, dan brutu. Di samping Bestik, pembeli juga dapat memesan menu lain seperti nasi goreng, bakmi goreng, cap cay, dan sop ayam. Pada saat Ramadhan, buka sejak pukul 17.00, warung Sumber Bestik Pak Darmo tutup hingga tengah malam.

Untuk seporsi bestik daging sapi harganya sekitar Rp 26 ribu, sementara lidah sekitar Rp 28 ribu. Setelah puas menyantap bestik, tidak jauh dari warung Pak Darmo, ada baiknya mencoba kopi racikan manual di Ngopi Serius.

Sesuai namanya, Ngopi Serius memang tidak main-main dalam menyajikan segelas kopi nusantara yang kaya rasa. Ada sekitar 40 variasi Arabica dan Robusta yang ditawarkan di Ngopi Serius, diantaranya Robusta Wine, Arabica Java Wine, Sunda Gunung Tilu, Sunda Arum Manis, Sunda Geulis Longberry, Arabica Pagar Alam, Kalosi Bone, Toraja Mandheling, Lereng Lawu, Sunda Hejo, Celebes Latimojong dan sederet varian biji kopi lainnya.

Tidak hanya jenis kopi yang beragam, Ngopi Serius juga tidak main-main dengan teknik penyeduhan. Di samping seduh langsung (pour over), Ngopi Serius juga menyediakan penyajian kopi dengan memakai aeropress dan v60.

Meski demikian, tidak perlu khawatir soal harga. Dibandingkan dengan kedai-kedai kopi di Jakarta yang membanderol harga secangkir hingga Rp 35 ribu - Rp 45 ribu, kopi di Ngopi Serius hanya seharga Rp 17 ribu per gelasnya.

Di samping minum langsung, Ngopi Serius juga menyediakan kopi dalam bentuk biji yang dapat digiling di kedai untuk dibawa pulang. Harga per 180 gram biji kopi Arabica dan Robusta beragam, rentangnya mulai dari Rp 40 ribu - Rp 60 ribu.