Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar Takbiran Malam Ini

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 12 Jun 2018 20:48 WIB

Anggota Tarekat Naqsabandiyah/ilustrasi Foto: Amin Madani/Republika Anggota Tarekat Naqsabandiyah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatra Barat sudah menjalankan takbiran pada Selasa (12/6) malam ini. Artinya, jamaah yang sudah memulai ibadah Puasa sejak 14 Mei 2018 lalu tersebut sudah merayakan Lebaran pada Rabu (13/6) besok.

Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumatra Barat Mursyid Syafri Malin Mudo menjelaskan bahwa seperti penetapan awal Ramadhan lalu, penentuan 1 Syawal juga mengacu pada kalender perhitungan dengan metode hisab Munjid. Metode hisab ini berdasarkan kitab Munjid yang diperkenalkan Syekh M Thaib pada awal abad ke-20 silam. "Kami telah mulai takbiran. Hari ini merupakan puasa terakhir kami," Mursyid Syafri Malin Mudo, Selasa (12/6).

Rencananya, ratusan jamaah Tarekat Naqsabandiyah akan menghadiri ibadah shalat Idul Fitri esok hari yang digelar di Mushala Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, dimulai pukul 08.00 WIB. Seperti tradisi Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya, shalat Id akan dihadiri jamaah dari daerah lain di Sumbar, seperti Kabupaten Solok dan Payakumbuh.

Selain shalat Idul Fitri yang dilakukan di Kecamatan Pauh, jamaah Tarekat Naqsabandiyah juga mengadakan shalat Id di beberapa masjid dan mushala di Kota Padang.