Pemudik Arah Merak Diharapkan Berangkat Siang Hari

Rep: Febrianto Adi Saputro / Red: Andi Nur Aminah

Selasa 12 Jun 2018 19:06 WIB

Pemudik yang akan menyebrang ke pulau Sumatera berjalan menuju kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (12/6). Foto: Republika/Prayogi Pemudik yang akan menyebrang ke pulau Sumatera berjalan menuju kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Direktur Utama (Dirut) PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ira Puspadewi mengimbau kepada pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatra untuk memanfaatkan waktu mudik pada siang hari. Ira mengatakan, berangkat pada siang hari dianggap lebih nyaman bagi para pemudik.

"Kosong banget kalau siang dibanding malam, kalau enggak siang-siang banget, habis buka langsung berangkat," kata Ira dalam Forum Merdeka Barat (FMB) di ruang serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Merak, Selasa (12/6).

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Biro Operasi Polda Banten Kombes Pol Hermansyah. Ia pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir jika hendak niat berangkat pada siang hari.

"Tidak usah khawatir dengan keamanan karena polisi telah melakukan operasi pengamanan di sepanjang pos pengamanan di Pulau Jawa maupun di Pulau Sumatra. Dijamin aman," katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi antrean panjang, PT ASDP juga mengimbau kepada para pemudik untuk memanfaatkan pembelian tiket melalui jalur online. Atau pemudik bisa memanfaatkan buffer zone yang tersedia di KM 43 atau di Hotel Mangku Putra. "Kalau online itu selain memang nyaman tidak perlu beli tiket di pelabuhannya nanti juga ada jalur khusus untuk online, jadi lebih nyaman," ujarnya. 

Terpopuler