Jasa Penitipan Hewan Peliharaan Diburu Konsumen

Rep: Fergie Nadira/ Red: Agung Sasongko

Selasa 12 Jun 2018 19:16 WIB

Penitipan hewan Foto: antara Penitipan hewan

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Jasa penitipan hewan peliharaan di Kota Bekasi, Jawa Barat, mengalami peningkatan konsumen. Kenaikan tersebut berasal dari para pemudik yang menitipkan hewan peliharaannya menjelang Lebaran 2018 mendatang.

"Hingga H-4 lalu sudah ke titipan 21 ekor hewan peliharaan. Jumlah ini meningkat sekitar 50 persen dari biasanya," kata pemilik jasa penitipan hewan Kitty Care 4, Alvy Nurhakim di Bekasi, Senin (11/6) kemarin.

Jasa penitipan hewan di Perumahan Dukuh Jamrud, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi itu tengah mengurus penitipan 20 ekor kucing dan satu ekor anjing jenis Golden Retriever. Menurut dia, konsumen mulai menitipkan hewan peliharaan itu sejak Sepekan lalu Senin (4/8) hingga hari ini.

"Di daerah sini sudah mulai banyak yang mudik dan hewan-hewannya nggak di bawa, jadi banyak yang dititipkan disini," katanya.

Alvy mengatakan, fasilitas yang disediakan pihaknya cukup untuk menampung 80 ekor hewan. "Booking sudah ada sekitar 20 ekor, kalau selain H-2 biasanya dadakan," ujarnya.

Besaran tarif yang dibebankan kepada pelanggan berkisar Rp50 ribu sampai Rp100.000 yang disesuaikan dengan jenis hewan yang dititipkan.

Fasilitas yang disediakan antara lain berupa makanan, vitamin dan mandi. "Tapi, jika pemilik hewan yang menggunakan jasa penitipan menginginkan layanan tambahan, maka akan diberikan," katanya.

Di sisi lain, fasilitas tambahan yang dimaksud di antaranya jalan setiap sore atau hewan peliharaan diajak bermain oleh petugas pet shop.

Berdasarkan pantauan, kucing yang dititipkan berada di lantai dua ruko tiga lantai itu berjenis Bengal, Mainecoon, Persia, dan Domestik. Tempat penitipan itu juga menjual berbagai macam pakan hewan berikut aksesorisya.

Salah satu pelanggan, Wibowo (50) mengaku harus menitipkan hewannya di penyedia jasa layanan karena seluruh keluarga besarnya harus mudik ke Solo, Selasa (12/6) pagi. "Lebih praktis kalau kucing saya ini di titip dulu biar gak 'ribet' di jalan. Selain itu layanannya juga sudah terjamin," katanya.

Senada dengan Pet Shop Kitty Care 4. Klinik Hewan Vet Shoop and Grooming di Ruko Taman Harapan Baru, Kota Bekasi juga menerima jasa titip hewan peliharaan kucing maupun anjing bagi pemudik yang meninggalkan rumah dan hewannya. Menjelang Lebaran 2018, jumlahnya pun mulai meningkat.

"Hingga kini sudah ada 34 hewan dengan kapasitas 70 hewan peliharaan yang bisa dititipkan," ujar Drh Ilman saat dihubungi.

Pet Shop yang juga klinik hewan itu, menerima jasa penitipan sejak Senin (11/6) hingga rata-rata masyarakat mengambil hewan peliharaannya pada Kamis (21/6). Prediksinya, penitipan akan full seperti tahun sebelumnya menjelang H-1 Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Pasti penuh ya, setiap tahun, mungkin besok Kamis (14/6) akan full," ujarnya.

Jenis hewan yang biasa dititipkan di Kliniknya terdiri dari 70 persen kucing dan 30 persen anjing dan jenis hewan lainnya seperti hamster. "Per hari kami tarifkan Rp 45 ribu sampai Rp85 ribu sesuai berat tubuhnya," ujarnya.

Bebby Nabila pemilik kucing jenis Persia hendak menitipkan kucing kesayangannya di Klinik langganan kucingnya berobat. Ia lebih memilih menitipkan ketimbang kucingnya ditinggal.

"Gapapa saya titip, di sini kan aman, ada mandinya juga dia. Terus saya ngga perlu khawatir pas saya mudik dia kenapa-kenapa. Di sini juga kan banyak temannya," ujar Bebby.

Terpopuler