Menhub: Kecelakaan Mudik Turun, Kecepatan Naik

Red: Ratna Puspita

Selasa 12 Jun 2018 16:45 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi Foto: Republika/Prayogi Menhub Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pada arus mudik Lebaran 2018 ini menunjukkan indikator yang membaik. Indikator tersebut, yakni meningkatnya kecepatan, menurunnya kepadatan dan kecelakaan.

"Kecepatan naik, kepadatan turun dan kecelakaan turun, indikator menunjukan angka yang membaik," kata Budi saat meninjau pos angkutan Lebaran di Terminal Harjamukti Cirebon, Selasa (12/6). 

Budi mengatakan ketika dia memantau kendaraan dari Jakarta ke Cikampek, tidak ada satu kepadatan yang berarti. Hal itu menunjukan bahwa arus mudik kali ini termasuk lancar.

"Kami pantau lewat udara dari Jakarta ke Cikampek itu memang tidak ada satu kepadatan yang berarti," tuturnya.

Namun, untuk pengendara roda dua, Budi mengatakan, masih terpantau banyak, meskipun juga ada penurunan pengguna roda dua. Seperti terpantau di Losarang, Indramayu, banyak pemudik yang menggunakan roda dua sedang beristirahat.

"Kami sempat berhenti di Losarang. Sekalipun jumlah pengendara tidak banyak tetapi dibutuhkan suatu tempat istirahat dan perhatian secara khusus," ujarnya.

Dia mengatakan kebutuhan tempat istirahat yang nyaman ini terutama karena udara dan cuaca yang terik. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemda dan pihak keamanan setempat untuk melayani para pemudik," katanya.

Budi juga berpesan untuk semua masyarakat terus menjaga arus mudik ini sampai leberan dengan baik. "Kita tetap menjaga proses mudik ini berlangsung dengan baik sampai hari raya. Saya yakin semua mempersiapkan dengan baik," kata Budi.

 

Terpopuler