Ruas Jalan Tol Pemudik Masih Lancar

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Teguh Firmansyah

Selasa 12 Jun 2018 14:01 WIB

Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol fungsional Batang-Semarang, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (8/6). Foto: ANTARA FOTO Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol fungsional Batang-Semarang, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sejumlah ruas jalan tol yang dilalui pemudik masih tampak lengang pada Selasa (12/6) siang. Berdasarkan pantauan Republika.co.id di posko pemantauan di Kementerian Perhubungan ruas tol yang masih lengang antara lain Jakart- Cikampek.

Selain itu, untuk wilayah Indramayu-Cirebon yang menjadi opsi pemudik lewat jalur nontol terpantau masih lengang. Hanya ada beberapa kendaraan sumbu dua yang melintasi ruas jalur pantura itu.

Sedangkan memasuki wilayah Jawa Tengah, Wangon hingga Karanganyar juga terpantau ramai lancar. Sempat terjadi kepadatan di Karanganyar dari ruas jalan ke arah Barat (Bandung) namun sudah bisa terurai. Sedangkan ke arah Timur (Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur) juga terpantau ramai lancar.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemhub Bambang Prihartono memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Selasa (12/6) hari ini. Beberapa ruas tol fungsional dibuka 24 jam untuk mengantisipasi kemacetan. Ruas tol fungsional dibuka 24 jam untuk menjadi ruas alternatif jika ruas tol utama mengalami penumpukan penumpang.

"Kepadatan sudah terjadi di beberapa daerah, namun tidak ada tanda tanda kemacetan luar biasa," ujar Bambang.

Berdasarkan data Kemenhub, pemudik yang meninggalkan Jakarta mencapai 50,4 persen. Data Posko Mudik 2018 juga menunjukkan, jumlah pemdik seluruh moda transportasi sampai Senin pukul 08.00 pagi mencapai 45.515 pemudik. Rincian 1.406 orang menggunakan angkutan udara, 20.421 orang dengan angkutan laut, dan 23.688 dengan kereta api.

Kementerian Perhubungan mengklaim arus mudik Lebaran 2018 sampai H-3 ini relatif lancar. Bahkan, jumlah kendaraan baik roda empat atau roda dua mengalami penurunan hingga 12 persen. Penurunan jumlah kendaraan tersebut, salah satunya disebabkan dengan peningkatan program mudik gratis.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan, sampai hari ini arus mudik relatif lancar dan aman. Bahkan, berdasarkan pengamatan dari udara Jakarta hingga Cikopo, Purwakarta, lalu lintas cukup lancar. Namun, ada ketersendatan di sejumlah titik, salah satunya di Gerbang Tol Cikarang Utama.

 

 

 

"Tapi, hasil pengamatan kami ini hari ini, lalu lintas pada H-3 ini cukup lancar," ujar Budi, saat meninjau Pos Pengamanan Mudik di Cikopo, Selasa (12/6).

Bahkan, jumlah kendaraan yang melintasi di jalur darat juga mengalami penurunan. Penurunan jumlah sepeda motor mencapai 12 persen dari tahun sebelumnya. Begitu pula kendaraan pribadi.

 

Terpopuler