Antrean di Pintu Tol Fungsional Batang Mencapai 300 Meter

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nidia Zuraya

Selasa 12 Jun 2018 10:17 WIB

Antrean kendaraan saat melintas di Pintu keluar Tol Gringsing, Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6). Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Antrean kendaraan saat melintas di Pintu keluar Tol Gringsing, Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Situasi terkini pada pintu keluar sementara tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah pada H-3 Lebaran, Selas (12/6), terpantau ramai lancar. Antrean kendaraan pemudik di pintu keluar menuju jalan Pantura Gringsing Batang terpantau hanya sepanjang 300 meter.

Katim Cluster 2 Ditlantas Polda Jateng AKBP Catur Gatot Effendi mengatakan situasi di pintu keluar sebelum jembatan Kali Kuto saat ini masih kondusif. "Ekor hanya berjarak kurang lebih 300 meter dan itu masih normal," tutur Catur saat ditemui Republika, Selasa (12/6).

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya sementara ini masih belum akan melakukan rekayasa lalu lintas, dan masih menggunakan pola 1. Pola 1 yakni pengguna jalan tol akan tetap dikeluarkan di pintu keluar Kali Kuto.

Catur juga menjelaskan, untuk penambahan jumlah kendaraan paling banyak terjadi pada Ahad (10/6) kemarin. "Memang diprediksi kan Sabtu dan Ahad kemarin, dan memang terjadi pada Ahad malam kemarin antrean sampai tiga kilometer" tuturnya.

Catur memprediksi jumlah kendaraan akan kembali meningkat pada H-2 atau Rabu (13/6) mulai pagi sampai malam. Pihaknya juga mengharapkan jembatan Kali Kuto akan selesai tepat waktu sehingga pemberlakuan cara bertindak juga telah selesai.

"Kalau jembatan selesai, insya Allah ini lancar. Para pemudik nanti langsung ke arah tol fungsional yang ada di Kendal menuju ke Semarang melalui jembatan itu," ungkapnya.

Para pemudik yang menuju ke arah Kabupaten Kendal kota, juga ia imbau untuk keluar di pintu dua yakni sebelum pintu tol sementara jembatan Kali Kuto. Sementara, jika antrean di pintu ini juga sudah padat, maka para pemudik diimbau keluar ke pintu tol Kandeman, Kabupaten Batang.