Pagi Ini Arus Mudik di Tol Cikopo Lancar

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Selasa 12 Jun 2018 09:50 WIB

Para pemudik terlihat berhenti di bahu jalan tol Cikopo-Palimanan di sekitar KM 175 hingga KM 186 untuk beristirahat dan menyaksikan matahari terbit pada Sabtu (9/6) pagi. Foto: Republika/Farah Nabila Noersativa Para pemudik terlihat berhenti di bahu jalan tol Cikopo-Palimanan di sekitar KM 175 hingga KM 186 untuk beristirahat dan menyaksikan matahari terbit pada Sabtu (9/6) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOPO -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memeriksa pergerakan arus mudik di Tol Cikopo melalui pantauan udara, Selasa (12/6). Menurut pantauan Republika yang juga berada dalam rombongan udara Menhub, arus mudik dari Tol Cikarang Utama (Cikarut) hingga Cikopo memang terlihat lancar.

Sekitar pukul 08.38 WIB sampai 09.00 WIB terlihat tidak ada antrean sama sekali sepanjang jalur mudik tersebut hingga Cikopo. Selain itu tidak terlihat juga penumpukan di beberapa titik karena kendaraan terpantau melaju lancar dengan kecepatan tinggi.

Setibanya di helipad Cikopo, Budi menyampikan arus mudik di jalur mudik tersebut teegolong lancar. "Terlihat ada kecepatan kendaraan yang naik dan kepadatan kendaraan yang mengalai penurunan," kata Budi di Posko Mudik Cikopo, Selasa (12/6).

Menurut budi kepadatan kendaraan roda empat sangat menurun, begitu juga sepeda motor dari Jakarta hingga jalan raya Cikopo. Hanya saja, Budi memastikan pihaknya akan terus memantau bagaimana arus mudik pada hari ini (12/6) hingga Tegal dan Pekalongan.

Sementara itu, Asisten bidang Operasi (Asops) Kapolri Irjen M Iriawan juga mengakui adanya kelancaran di Cikarut hingga Cikopo. "Keluar pintu tol Cikarut memang ada penyempitan tapi tetap kembali mengalir," tutur Iriawan yang juga mendampingi Budi dalam pemantauan tersebut.

Dia menegaskan sejak pagi ini hingga siang hari arus lalu lintas di jalur tersebut lancar. Arus mudik yang lancar menurutnya juga ditambah dengan perkembangan positif penurunan kecelakaan lalu lintas hingga 40 persen.

Terpopuler