Menko PMK Imbau Masyarakat Manfaatkan Posko Pelayanan Mudik

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani

Selasa 12 Jun 2018 06:42 WIB

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (tengah) didampingi Kapolda Banten Brigjen Sigit Prabowo (kiri) serta rombongan Menko PMK Puan Maharani (tengah) disambut Ketua Tim Pengamanan Pelabuhan Merak AKBP Gunawan (kanan) saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6). Foto: Antara/Asep Fathulrahman Kapolri Jenderal Tito Karnavian (tengah) didampingi Kapolda Banten Brigjen Sigit Prabowo (kiri) serta rombongan Menko PMK Puan Maharani (tengah) disambut Ketua Tim Pengamanan Pelabuhan Merak AKBP Gunawan (kanan) saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengimbau masyarakat selalu memanfaatkan posko pelayanan mudik apabila membutuhkan bantuan.

"Manfaatkan pos pelayanan yang disiapkan pemerintah apabila membutuhkan bantuan," kata Puan saat meninjau langsung kesiapan jalur mudik lebaran 2018 di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, Senin (11/6).

Tinjauan ini menjadi yang kedua usai mengunjungi tiga posko mudik di Cikopo (Jawa Barat), Kertasari (Jawa Tengah), dan Ngawi (Jawa Timur). Peninjauan di Pelabuhan Merak yang menghubungkan jalur dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatra (Pelabuhan Bakauheni, Lampung) bertujuan memastikan kesiapan posko pelayanan.

Dalam keterangan tertulis pada wartawan, Puan mengatakan pemerintah mengimbau masyarakat tetap menjaga ketertiban berlalu lintas. Hal itu bertujuan agar perjalanan mudik dapat dilakukan dengan nyaman dan aman.

"Dari hasil pemantauan, sampai saat ini perjalanan mudik masyarakat berjalan sangat kondusif, yang ditunjang oleh kesiapan aparat dan pelayanan," ujar Puan.

Ia mengatakan kehadiran kemenko PMK dan rombongan bertujuan memastikan seluruh layanan yang terkait mudik lebaran berjalan baik. Sekaligus, menunjukkan komitmen pemerintah bahwa negara dan pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Pemerintah siap memberikan pelayanan yang optimal. Harapan kita semua, agar mudik dapat berjalan aman, lancar, dan nyaman," kata Puan.

Menko PMK mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas dari semua instansi yang telah bekerja dan melayani masyarakat di masa libur Lebaran. Ia meminta petugas selalu menjaga stamina dan kesehatan, juga menyiapkan antisipasi untuk menghadapi arus balik Lebaran yang puncaknya diperkirakan pada 18 Juni 2018.

Terpopuler