HNW: Mudik Harus Bawa Semangat Majukan Desa

Rep: Fergi nadira/ Red: Esthi Maharani

Sabtu 16 Jun 2018 03:29 WIB

Hidayat Nur Wahid Foto: Republika/Yogi Ardhi Hidayat Nur Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI - Wakil Ketua majelis permusyawarahan rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid meminta kepada masyarakat yang menjalani mudik ke kampung halaman, jangan hanya sekedar pulang kampung. Di desa, menurutnya masyarakat harus membawa semangat orang kota ke desa untuk diserap agar memajukan desa.

"Begitu pula orang kota bisa serap dari desa dengan guyub rukunnya, ukhwah-nya, kehidupan sosial yang harmonis untuk dibawa ke kota," ujar Hidayat belum lama ini.

Sehingga, kata dia, mudik bisa dijadikan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang desa dan kota. Saat orang desa belajar teknologi orang kota, orang kota menyegarkan kembali kehidupan harmonis di desa dengan gotong royongnya.

Mudik, ia menyebut, merupakan bagian dari kekhasan warga Indonesia. Untuk itu perlu dijaga dalam hal positif. Sebab santer terdengar berbagai pengalaman dan tragedi tidak menyenangkan, hendaknya semua pihak agar bekerja maksimal agar tidak terulang.

"Rekan dari kepolisian, temen-temen di PUPR, termasuk para pemudik sendiri untuk menjaga keselamatan sendiri, karena mudik bukan untuk musibah bukan untuk laka, mudik untuk hadirkan sukacita untuk ketemu keluarga," tutupnya.




Terpopuler