Pelindo III Targetkan Peserta Mudik Gratis Tahun Depan Menin

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Senin 11 Jun 2018 18:50 WIB

Mudik gratis Foto: Republika/Agung Supriyanto Mudik gratis

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- CEO PT. Pelindo III I Gusti Ngurah Askhara Dana Diputra secara seremoni melepas peserta mudik gratis Pelindo III 2018 di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (11/6). Pria yang akrab disapa Ari Askhara itu menyatakan, tahun ini Pelindo III memberangkatkan 14 ribu peserta mudik gratis.

"Total kita berangkatkan 83 bus bolak-balik untuk 14 ribu penumpang. Kemudian ada 15 destinasi yang berada di Jateng sama Jatim," ujar Ari Askhara seusai pelepasan.

Ari Askhara kemudian menjabarkan perbedaan antara tahun ini dengan tahun sebelumnya, dalam pelayanan mudik gratis yang diberikan Pelindo III. Menurutnya, dari sisi jumlah, peserta mudik yang diberangkatkan tahun ini dua kali lipat lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Kemudian, bus yang digunakan tahun ini bus Damri yang kesemuanya sudah difalitasi AC. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana masih ada beberapa bus yang tidak memiliki fasilitas AC.

"Kemudian kita tingkatkan juga kualitas makanannya. Bukan hanya makanan takjil tapi kita siapkan makanan lainnya. Mau dimakan atau enggak, tetap kita siapkan dan mereka bisa bawa pulang," ujar Ari Askhara.

Ari Askhara pun berjanji akan terus berusaha meningkatkan pelayanan mudik gratis dari perusahaan BUMN yang dipimpinnya. Bahkan, dia menjanjikan, tahun depan bisa memberikan pelayanan mudik gratis kepada 25 ribu peserta.

"Dan kami juga tadi ada masukan dari penumpang kalau bisa pendaftarannya online. Ini yang saya surprise bahwa mereka, walaupun mereka kelas menengah ke bawah, sudha online. Saya tanya rata-rata sudah punya Instagram, Twitter, dan Facebook. Jadi kita bisa sosialisasi di medsos," kata Ari Askhara.

Terpopuler