Hingga Ahad Sore, Calon Penumpang Padati Terminal Kalideres

Red: Bayu Hermawan

Ahad 10 Jun 2018 19:16 WIB

Petugas membawa tas calon pemudik di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (7/6). Pada H-7 menjelang Lebaran, Terminal Kalideres sudah dipadati sekitar 896 pemudik dengan berbagai tujuan dan diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 8-9 Juni 2018. Foto: Rivan Awal Lingga/Antara Petugas membawa tas calon pemudik di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (7/6). Pada H-7 menjelang Lebaran, Terminal Kalideres sudah dipadati sekitar 896 pemudik dengan berbagai tujuan dan diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 8-9 Juni 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres hingga Ahad (10/6) sore, masih terus dipadati penumpang yang ingin mudik ke kampung halaman. Hingga Ahad sore, sebanyak 3.957 penumpang telah diberangkatkan dari Terminal Kalideres.

"Kepadatan pada arus mudik Lebaran 2018 di Terminal Kalideres mulai terlihat di H-6 hingga saat Minggu sore ini atau lima hari menjelang Lebaran," ujar Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres, Revi Zulkarnaen, di Jakarta, Ahad.

Revi mengatakan lonjakan jumlah penumpang menuju Jawa dan Sumatera mulai berlangsung sejak Sabtu (9/6) sore. Namun, ia memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Ahad (10/6) malam ini.

"Karena terakhir masuk kerja itu Jumat kemarin, sehingga calon penumpang memilih untuk mudik pada Minggu. Hari Sabtu mereka gunakan untuk mempersiapkan barang bawaannya. Pemudik juga tidak mau melakukan perjalanan lama-lama," ujarnya.

Baca juga: Puncak Arus Mudik di Terminal Kalideres Diprediksi Malam Ini

Dari pantauan jumlah penumpang sebanyak 9.803 penumpang telah diberangkatkan dari Terminal Kalideres sejak H-8 hingga Sabtu (9/6) atau H-6. "Total jumlah penumpang sejak Kamis atau H-8 sampai dengan H-6 sebanyak 9.803 penumpang, sedangkan bus yang berangkat sebanyak 821 unit," kata dia.

Sedangkan jumlah penumpang sementara pada Ahad (10/6) sore atau H-5 sebanyak 3.957 orang. Terkait keamanan dan kenyamanan, ia mengatakan personel gabungan yang berasal dari kepolisian, satpol PP, damkar, pramuka telah tersebar di beberapa titik-titik terminal untuk menciptakan rasa aman bagi pemudik.

Terpopuler