Tak Lama Lagi Gedung Bina Mualaf IZI Selesai Dibangun

Red: Budi Raharjo

Ahad 10 Jun 2018 16:37 WIB

Pembangunan Gedung Bina Mualaf Foto: Laznas IZI Pembangunan Gedung Bina Mualaf

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Zakat sebagai salah satu cara yang diperintahkan oleh Allah subhanahu wa taala kepada kaum Muslimin untuk menyucikan jiwa serta segala harta benda yang dimiliki agar bernilai berkah di sisi Allah. Tentu saja bagi kita semua menginginkan di setiap kehidupan selalu mudah, berkah, sehat wal afiat serta merasakan sakinah mawadah warahmah.

Dan kesemua itu bisa kita tempuh dengan memenuhi perintah berzakat. Sedangkan, zakat sendiri telah diatur dalam Alquran Al Karim, bahwa terdapat 8 Asnaf yang harus ditunaikan kepada mereka. Salah satunya adalah Asnaf Mualaf, baik dalam kondisi berkemampuan apalagi tidak mampu.

Oleh sebabnya, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) beritikad mulia dengan menginisiasi sekaligus memberdayakan pada warga Bina Mualaf yang berlokasi di Kampung Sawah, Kota Bekasi. Hal tersebut tentunya mendapat dukungan dari pihak Maybank Syariah dalam membangunkan Gedung Mualaf.

Habibullah sendiri selaku Head of Advisory & Assurance Maybank Syariah menjelaskan bahwa dalam Islam hal yang pertama dan utama harus dijaga dan didukung adalah dari segi Agama. Berangkat dari sinilah pihak Maybank Syariah mendukung pembangunan Gedung untuk Pusat Studi Keislaman bagi Warga Mualaf Kampung Sawah.

"Dalam Islam hal yang pertama dan utama harus dijaga serta didukung adalah dari segi Agama. Berangkat dari sinilah kami mendukung pembangunan Gedung untuk Pusat Studi Keislaman bagi Warga Mualaf Kampung Sawah," jelasnya ketika meresmikan sekaligus peletakkan batu pertama pada Jumat (8/10).

Hal tersebut turut ditanggapi oleh Nana Sudiana selaku Direktur Pendayagunaan IZI yang menurutnya dalam Program Bina Mualaf tidak semata mengkaji nilai keislaman, namun pihaknya turut berdayakan lewat usaha lapak berkah molen Amura. Dengan seiringnya waktu bagi Nana, Bina Mualaf dapat diperhatikan oleh pihak muzaki yang dalam hal ini oleh Maybank Syariah.

"Pada awalnya saat proses pembinaan terhadap seluruh warga mualaf di sini belum ada hal yang bisa kami janjikan lebih, hanya cukup komit dan rutin ikuti pembinaan pada para mualaf," ujar dia.

"Namun seiring jalannya waktu kami melihat banyak potensi yang ada di Kampung Bina Mualaf Darul Amanah ini, ada usaha makanan, dan sebagainya hingga para pelaksana disini pun begitu semangat mengawal dan bersama para warga mualaf di sini. Sehingga kini Alhamdulillah setelah lewati berbagai usaha dan proses, ada pihak yang bersedia membantu dalam pembangunan gedung Bina Mualaf Kampung Sawah ini dari Maybank Syariah," kata dia menambahkan.

Terpopuler