Waspadai Delapan Titik Rawan Kecelakaan di Ciamis

Rep: Rizky suryarandika/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 10 Jun 2018 15:54 WIB

Pemudik kendaraan roda dua. Foto: Republika/Iman Firmansyah Pemudik kendaraan roda dua.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Polres Ciamis mendeteksi setidaknya terdapat delapan titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur mudik wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Para pemudik diimbau meningkatkan kewaspadaan ketika memacu kendaraan di rute tersebut.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso menyebut delapan titik rawan kecelakaan itu tersebar di jalur selatan dan jalur utara Ciamis atau alternatif menuju pintu Tol Cipali, Majalengka dan Cirebon. Dua titik bisa ditemukan di 'pintu masuk' Ciamis pada jalur Cihaurbeuti dan Sindangkasih yang rawan kecelakaan karena kondisi jalannya lurus.

"Sehingga biasanya banyak yang memacu kendaraannya cukup kencang di dua titik itu hingga berpotensi menimbulkan kecelakan. Karena sebelumnya mereka melewati titik kepadatan di Kadipaten (Tasikmalaya)," katanya pada wartawan, Ahad (10/6).

Titik selanjutnya ialah di Alun-Alun Ciamis yang menjadi pusat keramaian dan dilintasi jalur mudik. Ia memprediksi setiap sore lokasi tersebut dipenuhi warga yang ngabuburit dan buka bersama. Kemudian titik rawan lainnya di tanjakan Cibeka dan Karangkamulyan.

"Lantaran kondisi jalannya curam dan menikung sehingga di lokasi ini kerap terjadi kecelakaan," ujarnya.

Titik rawan lainnya dapat ditemukan di jalan pertigaan Cisaga dimana menjadi lokasi keluar masuk kendaraan. Selanjutnya, titik rawan lagi di jalur Utara Kawali-Panawangan yang rawan longsor serta di jalur Kalipucang hingga Pangandaran yang termasuk jalur ke tempat wisata.

Untuk jalur mudik yang rawan longsor akan disiagakan alat berat. Jika terjadi longsor bisa segera diatasi tanpa harus menunggu lama. "Dengan begitu, tidak akan menimbulkan antrean kendaraan yang panjang. Selain itu, disiapkan pula beberapa rekayasa lalu lintas," ucapnya.

Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Polres Ciamis mendirikan pos jaga dan membentuk tim untuk disiagakan di titik-titik rawan tersebut. Polres pun turut melibatkan TNI, Dinas Perhubungan, BPBD Ciamis, PMI, Dinas Kesehatan dan Damkar.

"Mobil ambulans dan alat berat akan disiapkan di jalur yang rawan itu. Insya Allah untuk mudik Lebaran tahun ini akan berjalan lancar, ujarnya. 

Terpopuler