28 Patung Polisi Ditempatkan di Tol Cipali dan Pantura

Red: Ratna Puspita

Ahad 10 Jun 2018 12:39 WIB

Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Cipali KM 183, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/6). Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Cipali KM 183, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/6).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Satuan Lalu Lintas Polres Indramayu, Jawa Barat, menempatkan sebanyak 28 patung polisi di jalur mudik pada masa arus mudik Lebaran 2018. Patung-patung polisi itu akan ditempatkan di Tol Cipali dan jalan pantura. 

Kasatlantas Polres Indramayu AKP Asep Nugraha di Indramayu, Ahad (10/6), mengatakan 26 patung polisi dipasang di Tol Cipali yang masuk wilayah hukum Polres Indramayu. Patung-patung tersebut dipasang di jalur kanan dan kiri Tol Cipali.

“Sebanyak 13 arah Cirebon 13 arah Jakarta. Hal ini karena di Tol Cipali, khususnya dari KM 123 s.d. KM 142, sering terjadi kecelakaan," kata dia. 

Untuk di jalan pantura, kata Asep, ada dua patung polisi yang dipasang, yaitu di jembatan timbang Losarang dan di Lohbener. "Minimal apabila pengguna jalan atau pengemudi melihat patung polisi bisa konsentrasi lagi. Misalnya, semula ngantuk, bisa lebih konsentrasi," katanya.

Dengan adanya patung polisi, lanjut Asep, bisa untuk mengalihkan pandangan yang asalnya monoton hanya melihat jalan lurus. "Kalau pada malam hari, patung polisi ini dipasang lampu lalu lintas. Ini upaya menekan angka kecelakaan," kata Asep.

Terpopuler