Perdana, Pemkot Cirebon Berangkatkan Mudik Gratis

Rep: Lilis Srihandayani/ Red: Karta Raharja Ucu

Ahad 10 Jun 2018 09:51 WIB

Bus AKAP untuk mudik. ilustrasi Foto: Republika/ Wihdan Hidayat Bus AKAP untuk mudik. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  CIREBON -- Pemkot Cirebon memberangkatkan mudik gratis Lebaran 2018 dengan tujuan Yogyakarta dan Solo. Kegiatan mudik gratis itu diharapkan bisa meminimalisasi risiko kecelakaan di jalan raya.

Mudik gratis yang baru pertama kali digelar Pemkot Cirebon itu digagas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, yang juga Penjabat Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik. Pelepasan rombongan mudik gratis tersebut dilakukan oleh Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi,  di depan Balai Kota Cirebon, Sabtu (9/6) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Alhamdulillah, tahun ini Kota Cirebon bisa memberangkatkan pemudik dengan tujuan Yogyakarta dan Solo," tutur Asep.

Namun, Asep mengakui, karena baru pertama kali dilakukan, maka mudik gratis tersebut masih kurang sosialisasi. Akibatnya, dari lima bus yang disediakan, hanya tiga bus yang terisi pemudik. Sedangkan dua bus lainnya terpaksa dikembalikan lagi ke Bandung.

Sementara itu, Kepala UPT Prasarana Lalu Lintas Dinas Perhubungan Jawa Barat,  Iwan Sofyan, menjelaskan, mudik gratis menggunakan bus tersebut serentak dilakukan di lima kota di Jawa Barat. Selain Kota Cirebon, kota lainnya adalah Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kota Sukabumi.

"Total ada 100 bus yang diberangkatkan untuk mudikgratis dari lima kota tersebut," tutur Iwan.

Iwan mengungkapkan, kegiatan mudik gratis tersebutdimaksudkan untuk meminimalisasi risiko kecelakaan di jalan raya, terutama untuk pengguna sepeda motor. Pasalnya, kecelakaan di jalan raya terutama saat arus mudik, banyak dialami pengguna sepeda motor.

Terpopuler