Puskesmas se-Lampung Barat Siaga Layani Pemudik

Red: Ani Nursalikah

Ahad 10 Jun 2018 05:55 WIB

 Salah satu layanan di Puskesmas (ilustrasi). Foto: Antara/Anang Budiono Salah satu layanan di Puskesmas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LIWA -- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung menyiagakan tenaga kesehatan selama 24 jam di rumah sakit dan seluruh puskesmas, agar dapat melakukan pelayanan kesehatan bagi pemudik. "Semua tenaga kesehatan harus siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan prima kepada pemudik," ucap Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus di Liwa, Ahad (10/6).

Dia mengatakan, tenaga kesehatan yang berada di posko harus siaga, dan terutama perlengkapan wajib terpenuhi seperti obat-obatan, tempat beristirahat, dan perlengkapan lainnya untuk menunjang posko pengamanan Lebaran 2018. Selain obat-obatan, tenaga medis seperti dokter, bidan, dan perawat untuk bisa bergantian menjaga posko tersebut, agar bila ada pengendara yang membutuhkan pertolongan kesehatan cepat dapat dibantu.

Parosil mengaku telah memerintahkan semua ambulans selalu siaga di lokasi-lokasi rawan kecelakaan yang sering terjadi di daerahnya. "Jadi harus benar-benar total, pelayanan yang baik harus diberikan kepada pemudik yang melintas di Jalan Lintas Barat Sumatera ini," katanya.

Ia menjelaskan, keselamatan para pengendara roda dua dan empat menjadi prioritas dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, sehingga diharapkan para pemudik dapat melintas dengan aman dan nyaman untuk sampai ke kampung halaman masing-masing.

"Harus menjadi nomor satu, dan prioritas bersama demi keselamatan para pemudik," ujar dia.

Bupati Parosil mengharapkan seluruh pemudik terus berhati-hati dan menjaga kesehatan dalam perjalanan, beristirahatlah di tempat posko kesehatan yang telah disediakan, jangan memaksa untuk tetap melanjutkan perjalanan karena dapat berakibat fatal dan membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Terpopuler