H-6 Padat, Polres Garut Berlakukan Sistem Buka-Tutup

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Bilal Ramadhan

Ahad 10 Jun 2018 07:15 WIB

Suasana Pasar Limbangan, Garut. Pasar ini menjadi salah satu titik yang kerap mengalami kemacetan saat arus mudik Lebaran. Foto: Irfan Risyadien Suasana Pasar Limbangan, Garut. Pasar ini menjadi salah satu titik yang kerap mengalami kemacetan saat arus mudik Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Polres Garut menerapkan rekayasa lalu lintas buka-tutup jalan di jalan nasional 3 atau jalur selatan. Rekayasa tersebut dilakukan sebanyak tiga kali guna mengurai kepadatan imbas aktivitas masyarakat di sekitar Pasar Limbangan, Garut, Jawa Barat.

"Jadi kami sudah melakukan tiga kali sistem one way untuk kendaraan dari arah Bandung dan Jakarta menuju Tasikmalaya," ujar Kasat Lantas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa kepada Republika.co.id, Sabtu (9/6).

Erik mengatakan, kepolisian menerapkan sistem itu masing-masing selama 30 menit pada pukul 09.00 WIB, 13.00 WIB, dan 17.00 WIB. Berdasarkan pantauan Republika.co.id, kepadatan kendaraan jelang Pasar Limbangan sempat mencapai 4 kilometer.

Saat ini, kondisi lalu lintas menuju Tasikmalaya dan Jawa Tengah telah kembali lancar. "Skema itu akan digunakan kembali ketika terjadi kepadatan hingga mencapai perbatasan Garut dan Kabupaten Bandung," kata Erik.

Terpopuler