Arus Kendaraan di Cipali Naik 77,73 Persen

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 09 Jun 2018 16:55 WIB

Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Cipali KM 183, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/6). Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Cipali KM 183, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak 32.175 unit kendaraan melintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Sabtu (9/6) hingga pukul 14.00 WIB. Total kendaraan tersebut merupakan rekapitulasi roda empat yang mengarah ke Cirebon dan Jakarta.

General Manager PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Suyitno mengatakan, jumlah tersebut mengalami peningkatan 77,73 persen dibanding dengan Jumat (8/6) siang yang mencapai 18.103 unit. "Rata-rata jumlah kendaraan yang melintas di gerbang keluar 3.000 kendaraan/jam," ucapnya, dikutip dari rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu sore.

Untuk di Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama, arus kendaraan masih terbilang kondusif. Sebanyak 25 ribu kendaraan melalui exit GT pada pukul 06.00 hingga 14.00 WIB. Sedangkan untuk arus sebaliknya mencapai 6.925 kendaraan.

photo
Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Cipali KM 183, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/6).

Suyitno mengimbau para pemudik selalu memantau lalu lintas di rute yang akan dilalui. Disarankan juga untuk mengisi BBM diluar tol Cipali, terutama pada saat arus mudik dan arus balik.

Agar tidak terjadi penumpukan di dalam rest area, cek saldo uang elektronik sebelum masuk tol dan secara berkala. "Pastikan saldo cukup dan gunakan satu uang elektronik untuk satu kendaraan," ucapnya.

Suyitno juga meminta pemudik memastikan masuk keluar tapping dengan kartu yang sama. Selain itu, para pemudik diharapkan memperhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima, fokus pada rambu lalu lintas. Apabila perlu, pasang aplikasi googlemaps/waze untuk mengetahui posisi.

Untuk jalur Cipali, LMS menyiapkan area parkir baru yang dilengkapi fasilitas toilet, yakni di KM 153+400 A (arah Cirebon) dan KM 155+200 B (arah Jakarta). Di sepanjang jalan tol Cipali, terdapat delapan rest area, yaitu empat Rest Area Tipe A (besar) dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushala, SPBU, bengkel siaga, dan layanan kesehatan sementara, di antaranya di KM 102 arah Cirebon dan KM 101 arah Jakarta. Empat rest area tipe B (kecil) dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, di antaranya di KM 86 arah Cirebon dan KM 86 arah Jakarta.

Terpopuler