Dinkes Karawang Sebar Tenaga Medis di Jalur Mudik

Red: Ratna Puspita

Sabtu 09 Jun 2018 10:03 WIB

Ilustrasi pos kesehatan Foto: Republika/Desy Susilawati Ilustrasi pos kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyebar ribuan tenaga medis di jalur mudik. Mereka ditempatkan pada 19 pos pelayanan kesehatan di jalur mudik wilayah Karawang.

"Ada 19 pos pelayanan kesehatan yang disiapkan pada musim mudik Lebaran tahun ini," kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Yuska Yasin, di Karawang, Sabtu (9/6).

Ia mengatakan, sebanyak 19 pos pelayanan kesehatan itu terdiri atas 17 pos pelayanan kesehatan pembantu dan dua pos pelayanan kesehatan utama. Untuk pos pelayanan kesehatan utama dibangun di wilayah Tanjungpura atau di titik perbatasan Bekasi-Karawang serta dibangun di Simpang Jomin.

"Tenaga medis yang kami siapkan sebanyak 1.964 orang, termasuk bidan juga dilibatkan," kata dia.

Dia mengatakan, ribuan tenaga medis yang bertugas di pos pelayanan kesehatan wilayah Karawang disiapkan untuk melayani gangguan kesehatan yang dialami pemudik. Termasuk juga petugas yang melakukan pengaturan arus lalu lintas.

Untuk gangguan kesehatan ringan akan ditangani langsung di pos pelayanan kesehatan. Sedangkan jika pemudik mengalami gangguan kesehatan berat, maka akan dirujuk ke sejumlah rumah sakit sekitar Karawang.

Terkait dengan keterlibatan bidan dalam pelayanan kesehatan musim mudik Lebaran tahun ini, Yuska menyebutkan hal itu dilakukan dengan berkaca pada musim mudik Lebaran tahun lalu karena ada yang melahirkan saat dalam perjalanan mudik.