Selat Sunda Cerah Berawan Hingga Malam

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 08 Jun 2018 17:35 WIB

Posko Info Cuaca :Petugas mengecek informasi cuaca dan gelombang perairan selat Sunda di Posko Info Cuaca BMKG di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (8/6). Foto: Republika/Prayogi Posko Info Cuaca :Petugas mengecek informasi cuaca dan gelombang perairan selat Sunda di Posko Info Cuaca BMKG di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah sekitar Pelabuhan Merak, Banten, dan Selat Sunda. Hingga pukul 19.00 WIB nanti, diprediksi cuaca di Pelabuhan Merak akan berawan dan cuaca di Selat Sunda cerah berawan.

"Tinggi gelombang diperkirakan akan setinggi 0,5 meter. Ini masih normal. Beberapa hari ini belum ada yang terlalu signifikan (kondisi cuacanya)," ungkap Person In Charge Posko Info Cuaca BMKG di Pelabuhan Merak Miming Saepudin kepada Republika.co.id, Jumat (8/6).

photo
Posko Info Cuaca :Petugas mengecek informasi cuaca dan gelombang perairan selat Sunda di Posko Info Cuaca BMKG di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (8/6).

Miming kemudian memberikan data mengenai prakiraan cuaca hingga pukul 19.00 WIB hari ini. Berdasarkan laporan prakiraan cuaca yang dirilis tersebut, cuaca di Pelabuhan Merak hingga pukul 19.00 WIB hanya berawan. Kecepatan angin sebesar lima hinggal 10 knots.

Ia menjelaskan, memberikan laporan mengenai cuaca setiap satu jam sekali. Sedangkan untuk prakiraan cuaca dibuat untuk dan setiap enam jam sekali. "Kami membuka posko sejak kemarin hingga H-2 Lebaran nanti," tambahnya.

Selain Pelabuhan Merak, prakiraan cuaca juga dibuat untuk wilayah Selat Sunda, di mana selat tersebut dilewati kapal yang berangkat dari Merak menuju Bakauheni. Berdasarkan data tersebut, cuaca di sekitar Selat Sunda mulai dari pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB cerah berawan. Dengan kecepatan angin sebesar empat hingga 10 knots, gelombang air laut menurun dari 0,5 meter menjadi 0,2 meter pada pukul 19.00 WIB nanti.

photo
Penyeberang di Sumatera memadati Dermaga IV Pelabuhan Merak (ilustrasi)

Berdasarkan pantauan di lapangan, tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, Pelabuhan Merak belum terlalu dipadati pemudik. Belum terlihat antrean panjang mobil pribadi untuk masuk ke kapal untuk menyeberang ke Pulau Sumatra.

 

Terpopuler