Laksamana Siwi Lepas Ribuan Pemudik TNI AL

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 08 Jun 2018 16:19 WIB

Laksamana Siwi Sukma Adji. Foto: Erik Purnama Putra/Republika Laksamana Siwi Sukma Adji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji melepas rombongan mudik gratis bagi prajurit TNI AL dan keluarganya di Lapangan Denma Mabesal Cilangkap, Jumat (8/6). Menurut Siwi, kegiatan ini diikuti sebanyak 3.693 pemudik yang terdiri prajurit dan keluarga besar TNI AL di wilayah Jakarta.

Seluruh pemudik terdiri personel dari Mabesal sekitar 1.641 orang dengan alokasi 31 bus, Komando Armada I sebanyak 432 orang dengan alokasi delapan bus, dan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) 270 orang yang diangkut lima bus. "Personel Seskoal 270 orang dengan alokasi lima bus, Pushidrosal 270 orang dengan lima bus, Korps Marinir 540 orang dengan 10 bus, dan Lantamal III 270 orang dengan lima bus," ujar Siwi.

Menurut Siwi, pada tahun ini, TNI AL menyediakan angkutan mudik gratis sebanyak 69 bus tujuan Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Dia berharap, penyediaan armada gratis dapat membantu dan memudahkan prajurit beserta keluarga besar TNI AL dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman. "Ini sekaligus memperkecil risiko kecelakaan lalu lintas di jalan selama proses Lebaran," ujar Siwi.

Dia pun menyampailan ucapan terima kasih kepada bank rekanan yang ikut menyumbang armada dalam menyukseskan mudik gratis ini. Di antaranya, 25 bus merupakan dukungan Bank Mandiri, 15 bus dukungan BNI, 10 bus BRI, lima bus Kemenhub, 14 bus dari kendaraan dinas TNI AL, lima bus Spotmar KSAL, serta satu bus dukungan Denma Mabesal. "Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi prajurit agar terhindar dari kecelakaan menggunakan kendaraan roda dua," ujar Siwi. 

Terpopuler