Pelindo I Pastikan Siap Layani Angkutan Lebaran 2018

Rep: Issha Haruma/ Red: Esthi Maharani

Jumat 08 Jun 2018 08:05 WIB

Pelabuhan Belawan, Medan Foto: MATANEWS.COM Pelabuhan Belawan, Medan

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Berbagai persiapan terus dilakukan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I jelang Lebaran 2018. Delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan disiapkan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami mengatakan, persiapan tersebut dilakukan untuk memperlancar angkutan Lebaran 2018. Di Sumut, pelabuhan yang disiapkan antara lain Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai-Asahan, serta di provinsi lain, yakni Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkalis, dan Sei Kolak Kijang.

"Pelindo I terus berupaya meningkatkan kesiapan di seluruh terminal penumpang yang akan mengakomodasi keberangkatan dan kedatangan arus mudik," kata Fiona, Kamis (7/6).

Fiona menjelaskan, terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan di Medan yang merupakan terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera siap menampung 2.500 orang. Terminal ini sudah dilengkapi dua garbarata atau jembatan penghubung yang memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya.

Berdasarkan data yang dimiliki Pelindo, jumlah penumpang yang melalui Pelabuhan Belawan pada musim angkutan Lebaran 2017 mengalami peningkatan 3,4 persen. Tahun lalu, penumpang yang naik dan turun melalui pelabuhan ini mencapai 34.216 penumpang, naik dari tahun 2016 yang tercatat 33.036 penumpang.

Berbagai pembenahan pun terus dilakukan di terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan. Terminal ini dilengkapi dengan alat dan fasilitas pelengkap seperti alarm, alat pemadam kebakaran, pelampung, serta automatic gate untuk menunjang keamanan dan kenyamanan penumpang.

Selain Pelabuhan Belawan, Pelindo I juga telah melakukan pembenahan di terminal Sri Bintan Pura Pelabuhan Tanjung Pinang yang merupakan terminal penumpang kedua tersibuk di Indonesia. Begitu juga dengan terminal penumpang pelabuhan lain.

"Kami memastikan siap melayani angkutan Lebaran 2018," ujar Fiona.