Tol Fungsional Trans Jawa Dibuka Pagi Ini

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 08 Jun 2018 06:00 WIB

Foto udara proyek pembangunan proyek jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) seksi I ruas Ciawi-Cigombong di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,Rabu (30/5). Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya Foto udara proyek pembangunan proyek jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) seksi I ruas Ciawi-Cigombong di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,Rabu (30/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tol fungsional di Trans Jawa akan dibuka untuk mudik Lebaran tahun ini. Pembukaannya mulai dilakukan Jumat (8/6) pagi ini. "Seluruh tol yang fungsional akan dibuka mulai besok jam enam pagi," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melalui siaran pers.

Menurut dia, kondisi jalan tol fungsional tahun ini akan lebih baik daripada tahun lalu. Sebab, tol tersebut sudah dalam kondisi sebagian rigid pavement, aspal, dan lean concrete. "Terakhir kemarin sudah saya cek dengan Pak Menhub semuanya sudah ada rest area di tipe A dan tibe B serta rest area sementara. Sudah dilengkapi air, stok BBM, toilet, mushalla," katanya.

Beroperasinya tol fungsional diharapkan dapat mendukung kelancaran arus lalu lintas pada mudik Lebaran. Meski masyarakat juga diimbau untuk tidak berfokus pada kendaraan pribadi.

Basuki mengakui, sehabis Lebaran, yakni pada Juli, akan diresmikan sejumlah tol yang saat ini fungsional. Tol yang dimaksud adalah Tol Ciawi-Cigombong (bagian dari tol Bocimi), Jalan Tol Kartosuro-Sragen (bagian dari ruas Solo-Ngawi), Tol Brebes Timur-Pemalang (bagian dari ruas Pejagan-Pemalang), Tol Gempol-Rembang (bagian dari ruas Gempol-Pasuruan), dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I.

 

Terpopuler