Pemudik Kapal Laut Bisa Nikmati Fasilitas Senyaman Bandara

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nidia Zuraya

Kamis 07 Jun 2018 14:33 WIB

Sejumlah penumpang kapal Pelni Nggapulu asal Makassar, Sulawesi Selatan, turun dari tangga saat kapal yang mereka tumpangi tiba di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/6). Foto: Zabur Karuru/Antara Sejumlah penumpang kapal Pelni Nggapulu asal Makassar, Sulawesi Selatan, turun dari tangga saat kapal yang mereka tumpangi tiba di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- CEO Pelindo III Ari Askhara mengatakan, para pemudik kapal laut di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, akan diberikan berbagai fasilitas terminal penumpang senyaman bandara. Fasilitas modern yang dimaksud di antaranya keran air siap minum, serta ruang tunggu eksklusif berpendingin udara dan berjaringan wifi gratis.

Di sana juga disediakan playground untuk anak, pujasera (food court), ruang laktasi dan ruang lansia, serta gerai ATM. Bahkan kini juga tersedia SNQ Capsule Hotel atau kubikal bertempat tidur yang biasa disebut pod, seperti yang ada di beberapa airport internasional di dunia.

"Dengan tarif hanya Rp 75 ribu per 6 jam atau Rp 180 ribu per hari, tamu bisa mendapatkan fasilitas televisi dengan headset, terminal USB, penyejuk udara, dan lampu baca," kata Ari Askhara di Surabaya, Kamis (7/6).

Ari Askhara menjelaskan, penyiapan fasilitas terminal penumpang yang dilakukan Pelindo III tidak hanya di Pelabuhan Tanjung Perak. Tetapi juga kesiapan di pelabuhan-pelabuhan lain yang menjadi gerbang embarkasi dan debarkasi pemudik diakuinya sudah siap.

Di antaranya yakni Tanjung Emas Semarang, Banjarmasin, Benoa Bali, Tanjung Wangi Banyuwangi, Sampit Kotawaringin Timur, dan Kumai Kotawaringin Barat. Artinya, lanjut Ari Askhara pada setiap terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo III, pelayanannya terstandarisasi.

"Ada fasilitas ruang tunggu yang aman, nyaman, dan toilet bersih. Kemudian juga ada ruang laktasi, musholla, klinik kesehatan 24 jam, serta pemberian takjil (penganan berbuka puasa) gratis untuk penumpang," ujar Ari Askhara.

Pelindo III juga, lanjut Ari, menyiagakan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018 yang diperkuat petugas dari lintas instansi. Di antaranya dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Otoritas Pelabuhan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Orari, Pramuka, dan dari Pelindo III, berupa petugas operasional, dan anggota Port Security Facility Officer.

"Posko tersebut ada yang sudah siaga sejak tanggal 31 Mei lalu dan bertugas hingga 1 Juli. Tugas utamanya ialah demi memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan pemudik untuk bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halaman, hingga kembali ke perantauan," kata Ari Askhara.

Terpopuler