Terminal Cicaheum Bandung Masih Sepi Pemudik

Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 07 Jun 2018 14:06 WIB

Sejumlah Bus berada di terminal Cicaheum Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/6). Foto: Antara/Novrian Arbi Sejumlah Bus berada di terminal Cicaheum Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Aktivitas di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, hingga H-8 menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah, Kamis (7/6), terpantau masih sepi. Belum terjadi lonjakan pergerakan pemudik yang akan pulang ke kampung halaman.

"Situasinya masih sepi, belum ada lonjakan pemudik," ujar Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto, Kamis.

Menurutnya, situasi sepi ini ditengarai karena belum memasuki hari libur bagi para pekerja dan anak-anak sekolah.

Ia memprediksi para pemudik yang akan menuju ke berbagai wilayah di selatan Jabar dan Jawa Tengah maupun Jawa Timur akan mulai berdatangan ke terminal itu pada Sabtu (8/6). "Kami prediksi mulai hari Sabtu para pemudik bergerak meninggalkan Bandung," katanya.

Roni memprediksi jumlah pemudik yang melalui Terminal Cicaheum akan mengalami penurunan hingga lima persen dari tahun lalu yang mencapai 40.500 orang.

Menurut dia, penurunan jumlah penumpang ini telah terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir, pada 2016 tercatat 53.000 pemudik berangkat dari Cicaheum, sementara tahun 2017 hanya 40.500 orang. "Pada tahun lalu itu turun sekitar 18 persen dibanding tahun 2016 yang mencapai sekitar 53.000 pemudik," katanya.

Kata dia, penurunan tersebut disebabkan beberapa faktor seperti mulainya beralih ke kereta api, semakin banyaknya menggunakan kendaraan pribadi khususnya roda dua, serta program dari pemerintah maupun swasta yang menyediakan program mudik gratis.

"Tapi yang paling kentara banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi," kata dia.