Cara Zaskia Mecca Ajari Anak Berpuasa

Red: Agung Sasongko

Rabu 06 Jun 2018 22:16 WIB

Aktris - Zaskia Adya Mecca Foto: Republika/Putra M. Akbar Aktris - Zaskia Adya Mecca

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Aktris Zaskia Adya Mecca menjadikan bulan Ramadhan tahun ini sebagai momentum untuk mengajari anaknya berpuasa. Menurut dia, anaknya yang bernama Kala (4 tahun) saat ini sedang lucu-lucunya belajar menjalankan ibadah puasa hingga meneteskan air mata.

Zaskia mengatakan, Kala pada awalnya juga ikut berpuasa tapi tiba-tiba pukul 11.00 siang meminta cokelat. Akhirnya, saat pukul 12.00 siang Kala sudah tidak kuat lagi melanjutkannyam

"Dia (Kala) cuma bilang, aku ga kuat aku kuat, sampai akhirnya jam 12 siang, dia gak maksa minta buka, Tapi dia diam, tapi air matanya netes mulu," ujar Zaskia saat berbincang dengan Republika.co.id saat menghadiri acara softlaunching Gerakan Nasional Mencintai Alquran (Ku Cinta Alquran) di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (4/6) belum lama ini.

Anak Zaskia yang berusia 7 tahun, Sybil saat ini sudah bisa menunaikan ibadah puasa seharian penuh walaupun masih kerap mengeluh. Zaskia memahami bahwa Sybil belum diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Namun, Zaskia yakin buah hatinya itu sebenarnya kuat menjalani puasa, sehingga dia menguatkan hati anaknya itu untuk tetap berpuasa.

photo
Infografis Nuzulul Quran

Zaskia juga memberi penegertian supaya Sybil menganggap bahwa puasa itu tidak menyiksa dan tidak berat, tapi puasa menjadi suatu kenikmatan buat Kala. "Sybil sebenarnya kuat puasa, tapi entar udah jam 17.00 itu krengki-nya luar biasa. Tapi sebenarnya kalau banyak kegiatan sebenarnya enjoy aja dia puasa," ucapnya.

Zaskia mengatakan bahwa dia tidak ingin anak-anaknya itu memahami ibadah puasa seperti dirinya dulu, yang mana hanya menganggap bahwa puasa itu ibadah yang dilakukan karena takut kemurkaan Allah. "Aku tidak mau anakku nanti tumbuh seperti aku dulu. JAdi aku tumbuh tu, buatku agama tu dulu cuma sekedar kalau gak puasa nanti Allah marah, kalau gak puasa nanti kita masuk neraka dan segala macam," kata istri Hanung Bramantyo ini.

"Jadi yang dikasih tahu itu sanksinya dulu, kalau gak puasa diberikan seram-seramnya," imbuhnya.

Padahal, menurut Zaskia, yang seharusnya diberikan pemahaman kepada anak itu, sebenarnya dengan berpuasa justru Allah akan semakin mencintai kit dan bisa terhindar dari api neraka. Selain itu, anak juga harus diberi pemahaman bahwa puasa itu menyehatkan.

"Jadi dikasih pemahaman sebenarnya puasa itu menyehatkan dan bagus buat kita dan kita butuh ibadah itu. Bukan sekedar karena Allah menyuruh," tutur Zaskia.

Terpopuler