Injera, Masakan Ramadhan dari Ethiopia yang Kaya Nutrisi

Rep: mgrol105/ Red: Andi Nur Aminah

Rabu 06 Jun 2018 21:12 WIB

Injera, roti khas Ethiopia Foto: khaleejtimes Injera, roti khas Ethiopia

REPUBLIKA.CO.ID, ETHIOPIA -- Berbicara tentang berbagai makanan yang harus dimiliki untuk iftar, kita dapat mengatakan bahwa hummus adalah hidangan yang harus dimiliki di Iftar Arab. Sementara orang Pakistan dan India tidak boleh lupa untuk menambahkan samosa ke menu berbuka puasa mereka. Tapi, apa sajakah hidangan makanan paling penting di negara-negara Afrika, khususnya Ethiopia?

Roti injera, yang dibuat dengan tef (atau teff) adalah makanan paling populer untuk orang Ethiopia. Injera adalah roti pipih dengan tekstur seperti spons. Roti ini bebas gluten dan dapat dimakan dengan segala jenis hidangan yang sedang disajikan. Potongan besar roti spons digunakan untuk berbagai rebusan berbeda.

Adonan untuk injera difermentasi, kadang memakan waktu hingga tiga hari. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan tekstur seperti spons dan rasa asam. Biji tef, yang memiliki rasa seperti kacang, memiliki tiga jenis, yaitu varietas putih, coklat, dan merah.

Varietas putih adalah yang paling disukai, tapi juga  paling sulit untuk tumbuh. Merah adalah yang paling tidak disukai, tetapi yang paling mudah untuk tumbuh. Tef adalah gandum bergizi tinggi, kaya serat dan protein. Ini juga, tentu saja, sumber karbohidrat yang bagus.

Tef adalah sumber kalsium yang jauh lebih baik daripada gandum atau jelai dan merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Proses untuk membuat injera cukup kompleks. Diawali dengan membuat adonan, lalu membiarkannya difermentasi selama tiga hingga empat hari.

Meskipun ragi tidak diperlukan, kadang-kadang cairan kuning yang dicadangkan dari fermentasi sebelumnya, yang disebut ersho, ditambahkan untuk membantu mempercepat proses pembuatan. Setelah fermentasi, air panas ditambahkan ke adonan yang difermentasi. Kemudian, campuran ini didiamkan hingga delapan jam.

Ketika adonan siap untuk dimasak, adonan dituangkan ke dalam kuali tanah liat bulat yang dipanaskan terlebih dahulu. Kuali ini disebut meted lalu penutupnya ditempatkan di atasnya. Hanya bagian bawah yang matang. Ketika selesai, banyak lubang kecil terbentuk di permukaan injera. Setelah dibuat, injera dapat disimpan hingga tiga hari.

Untuk menghidangkan injera, rebusan diletakkan di atasnya. Kemudian, setiap orang menarik potongan-potongan roti dan menyendok beberapa rebusan, melipatnya kemudian memakannya.

Meskipun, di Ethiopia, injera adalah makanan utama yang dibuat dengan tef, injera juga digunakan untuk membuat bubur dan panecake tak beragi sederhana yang disebut kita. 

Terpopuler