Tol Pejagan-Pemalang Siap Difungsikan untuk Mudik 2018

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 05 Jun 2018 22:02 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memeriksa kesiapan BBM di Tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang yang difungsionalkan untuk mudik 2018, Selasa (5/6). Foto: Republika/Rahayu Subekti Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memeriksa kesiapan BBM di Tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang yang difungsionalkan untuk mudik 2018, Selasa (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan seksi IV siap difungsikan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2018. Budi memeriksa kesiapan tol tersebut bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

"Kami memastikan bahwasanya jalan ini (Tol Pejagan-Pemalang) akan berfungsi dengan baik," kata Budi saat meninjau langsung Tol Pejagan-Pemalang seksI III dan seksi IV, Selasa (5/6).

photo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memantau kesiapan Tol Pemalang-Pejagan Seksi III dan Seksi IV yang difungsionalkan untuk jalur mudik 2018, Selasa (5/6).

Jika persiapan sudah selesai, Budi memastikan jalur fungsional itu bisa dibuka paling lambat 7 Juni 2018. Sebab, kata dia, pada 8 Juni 2018 diprediksi sudah banyak pemudik yang berangkat menuju kampung halaman.

Termasuk juga antisipasi di jembatan Kali Kuto yang berada di tol fungsional Batang-Semarang. Budi mengatakan sudah berkoordinasi dengan kepolisian agar pemudik bisa mengambil satu jalur di jalan Pantura dan kembali masuk ke jalur fungsional yang ada. "Nanti kita lihat. Ini suatu antisipasi karena jembatan Kali Kuto baru selesai H-2 Lebaran. Jadi kita harus pastikan jalur fungsional di Kali Kuto tidak berhenti," tutur Budi.

Sementara itu, Basuki mengatakan tol Pejagan-Pemalang hingga Semarang bisa difungsionalkan tanpa dipungut bayaran. Dengan begitu, lanjut Basuki, pemudik bisa menggunakan jalur fungsional tersebut gratis sampai Semarang.

photo
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Jembatan Kali Kuto di tol fungsional Batang-Semarang, Selasa (5/6).

Dari laporan yang Basuki terima dua pekan lalu, kesiapan Tol Pemalang-Batabg sudah selesai. "Aspal 13 kilometer, empat kilometernya rigid beton. Makanya kita cek hari ini. Kemudian nanti dari Batang ke Semarang juga Insya Allah sudah siap. Tinggal nanti jembatan Kali Kuto," jelas Basuki. 

Terpopuler