Tol Brebes Hingga Semarang Siap Dibuka untuk Mudik

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 06 Jun 2018 00:13 WIB

Pekerja mengerjakan pembangunan gerbang tol di jalan tol Brebes Timur-Pemalang, Desa Kertasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (24/5). Foto: Antara/Oky Lukmansyah Pekerja mengerjakan pembangunan gerbang tol di jalan tol Brebes Timur-Pemalang, Desa Kertasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (24/5).

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan jalur tol fungsional sepanjang Brebes hingga Semarang siap dibuka untuk mudik. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tidak hanya infrastrukturnya saja yang siap, namun juga fasilitas pendukung seperti bahan bakar minyak (BBM).

Budi menegaskan tidak ada masalah untuk semua yang berkaitan dengan bahan bakar di jalur fungsional. "Tadi Pertamina sudah mempersiapkan selain ada nozzle (corong) langsung, bisa diisi langsung. Kalau nozzle-nya masalah, ada yang manual," kata Budi saat meninjau seluruh ruas tol fungsional sepanjang Brebes hingga Semarang, Selasa (5/6).

Selain itu, jika pemudik kekurangan bahan bakar di jalur fungsional sudah ada beberapa titik tempat pengisian BBM. Tak hanya itu, menurut Budi, Pertamina juga menyediakan motor yang bisa mengangkut 50 liter bensin.

Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan di sepanjang tol fungsional tersebut disediakan beberapa tempat pengisian bahan bakar. Beberapa diantaranya di rest area kilometer 275 Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 dan juga ada di beberapa parking bay.

Nicke memastikan di semua tempat pengisian bahan bakar tersebut tidak hanya menjual bensin pertamax ke atas namun juga premium. "Hampir di setiap lima kilometer dengan fasilitas yang berbeda," ujar Nicke.

Selain tempat pengisian bahan bakar, Nicke mengatakan Pertamina juga akan menyediakan 255 motor satgas di sekitar Pulau Jawa untuk menjual BBM kepada pemudik. Dengan begitu, Nicke mengharapkan kemasan-kemasan BBM yang disalurkan menggunakan motor tersebut bisa menjadi solusi saat kemacetan.

Untuk mengantisipasi kebutuhan BBM, Nicke mengatakan setiap tangki di jalur tol fungsional memiliki kuota sekitar 32 ribu liter, namun juga Pertamina akan mengantisipasi kebutuhan tambahan. "Tapi nanti kita lihat permintaannya seperti apa. Tapi semua sudah stand by apabila membutuhkan tambahan," ujar Nicke.

Terpopuler