Kemendag Gandeng Pengusaha Gelar Bazaar Ramadhan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani

Senin 04 Jun 2018 18:33 WIB

Kemendag Gandeng Pengusaha Gelar Bazaar Ramadhan Foto: Halimatus Sa'diyah / Republika Kemendag Gandeng Pengusaha Gelar Bazaar Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Perdagangan menggandeng sejumlah pengusaha dalam menggelar Bazaar Ramadhan di halaman parkir kantor pusat Kementerian Perdagangan. Bazaar tahunan yang akan berlangung hingga 7 Juni ini menyasar masyarakat dari delapan kelurahan yang berada di sekitar kantor Kementerian Perdagangan. Ada 51 pelaku usaha yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, antara lain Transmart, Indomart, Hypermart, Perum Bulog, Food Station dan PD Dharma Jaya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, bazaar ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah dan pengusaha dalam menyediakan bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau untuk masyarakat. "Jelang hari raya, kita sediakan paket sembako murah," ujarnya, Senin (4/6).

Mendag menambahkan, bersama dengan pengusaha, pihaknya juga menggelar bazaar serupa di 400 titik seluruh Indonesia dengan bekerja sama dengan pondok pesantren. Barang yang dijual adalah bahan pangan pokok. Masyarakat dapat membeli sembako murah dengan harga diskon 50 persen. Hasil penjualan lalu diserahkan pada pesantren.

"Ada dua hasil yang dicapai sekaligus; masyarakat dapat sembako murah, pesantren juga menerima manfaatnya," kata dia.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti, melaporkan kegiatan Bazaar Ramadhan yang digelar di Bandung sebelumnya berhasil mencatatkan transaksi sebesar Rp 400 juta dalam sehari. Adapun bahan pangan pokok yang paling banyak dicari masyarakat antara lain telur, daging ayam, gula pasir dan minyak goreng.

Terpopuler