Waspadai Beberapa Titik Rawan Macet di Banyumas

Rep: eko widiyatno/ Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Jun 2018 15:22 WIB

Mudik identik dengan kemacetan. Foto: Republika/Adhi Wicaksono Mudik identik dengan kemacetan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Para pemudik yang akan melintas di wilayah Kabupaten Banyumas agar bersiap-siap menghadapi kemungkinan terjadinya kemacetan di beberapa titik. Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun menyebutkan, dari hasil pengecekan bersama berbagai dinas terkait beberapa waktu lalu, ada beberapa lokasi yang rawan macet.

Beberapa lokasi yang rawan macet, antara lain di Jalur Lingkar Ajibarang, Rawalo, Patikraja, Kaliori dan sepanjang jalur selatan wilayah Banyumas. Menurutnya, lokasi-lokasi yang dinilai rawan kemacetan tersebut diketahui berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Umumnya kemacetan terjadi akibat peningkatan volume kendaraan yang mencapai beberapa kali lipat dari kondisi normal," jelasnya.

Untuk menghilangkan kemacetan, Bambang mengaku hal itu tidak mungkin bisa dihilangkan karena banyak faktor yang menjadi penyebab. ''Yang bisa dilakukan, adalah mengeliminasi dan mengurai kemacetan agar durasi kemacetannya tidak terlalu lama dan terlalu panjang,'' katanya.

Untuk itu, Bambang mengaku telah menyiagakan tim urai gabungan. "Tahun sebelumnya, sebenarnya sudah ada tim urai seperti ini. Namun, kalau tahun lalu bersifat stand by di Purwokerto, tahun ini akan langsung diploting di titik-titik rawan macet," katanya.

Bambang juga menyebutkan, selama masa mudik dan balik Lebaran ini, ia menerjunkan anggota sebanyak 1.436 personel. Anggota Polri akan bergabung dengan pihak lain seperti Kodim, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan berbagai ormas.

"Seluruh petugas akan ditempatkan di sejumlah pos pengamaman dan pos jaga yang sudah kami siapkan di beberapa titik," katanya.

Terpopuler